Cara Menghitung SHU (Sisa Hasil Usaha)


Koperasi Simpan Pinjam – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung SHU (Sisa Hasil Usaha) koperasi, mungkin anda sudah tidak asing lagi dan sering mendengar apa itu koperasi. Perlu anda ketahui bahwa didalam sebuah koperasi ada yang namanya sisa hasil usaha (SHU), mungkin sebagian dari anda masih belum mengerti mengenai cara perhitungan dari sisa hasil usaha.



Maka dari itu, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara perhitungan secara  jelas dan lengkap. Nah, untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Sisa Hasil Usaha (SHU) pada koperasi adalah pendapatan koperasi yang didapat dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lainnya termasuk pajak  dalam tahun buku yang bersangkutan. Sisa hasil usaha (SHU) bukanlah suatu deviden yang merupakan keuntungan yang didapat dari hasil menanam saham seperti yang sudah terjadi pada PT, tetapi SHU merupakan keuntungan usaha yang telah dibagi sesuai dengan aktivitas ekonomi pada anggota koperasi. Sehingga besaran SHU yang akan diterima oleh setiap anggota koperasi tentu berbeda, besar atau kecilnya nominal yang diperoleh dari SHU tergantung dari seberapa besarnya partisipasi modal dan transaksi anggota pada pembentukan pendapatan koperasi.



Leave a Reply

Your email address will not be published.