Cara Menghitung PPH 21 (Pajak Penghasilan)


Cara Menghitung Pajak Penghasilan – Pajak penghasilan (Pph)  merupakan sebuah pajak negara yang ditujukan terhadap orang pribadi atau badan,berhubungan dengan penghasilan yang diterima selama satu tahun pajak.  Sedangkan Pajak penghasilan  (pph) 21 merupakan pajak atas pendapatan yang berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran yang lain dengan nama ataupun bentuk apapun yang  berhubugan dengan pekerjaan, jabatan, jasa dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh orang pribadi subjek pajak dalam negri.



Pajak Penghasilan Pasal 2

Pemotongan Pajak Penghasilan suah diatur dalam UU No. 36 Tahun 2008 Pasal 21 (PPh Pasal 21) dan Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-16/PJ/2016 yang telah mengenai mengatur tarif terbaru Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Tahun 2016.

Berdasarkan peraturan ini, maka semua Warga Negara Indonesia yang sudah mendapatkan penghasilan melebihi batasan PTKP, wajib untuk membayarkan pajak penghasilan (PPh) kepada negara, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Atau dengan kata lain, tetap ada beberapa kondisi yang akan memungkinkan karyawan atau pekerja, tidak  perlu untuk membayar pajak penghasilan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.