Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan


Menghitung Harga Pokok Penjualan –  Perhitungan akuntansi memang akan sangat melekat dalam dunia bisnis. Sebab, supaya suatu bisnis atau perusahaan bisa terus mengalami perkembangan maka akan sangat diperlukan perhitungan yang benar-benar matang. Salah satu jenis perhitungan yang akan sangat berguna dalam dunia usaha seperti usaha makanan dan minuman, alat elektronik dan lain sebagainya adalah Harga Pokok Penjualan (HPP).



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Harga Pokok Penjualan. Harga pokok penjualan merupakan biaya yang timbul dari barang yang telah dipoduksi ataupun dijual pada kegiatan bisnis. Termasuk dari biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Harga pokok penjualan juga bisa disebut sebagai biaya penjualan.

menghitung harga pokok penjualan

HPP  banyak muncul dalam laporan laba rugi dan sebagai komponen yang utama dari biaya operasi . HPP biasanya terdapat pada perusahaan dagang . Kegiatan dalam perusahaan dagang yaitu memperjualbelikan barang dagang, dan hasil dari penjualan tersebut dicatat pada akun penjualan. Hasil penjualan barang dagang tersebut memiliki harga pokok nilai beli yang sudah dijual.



Leave a Reply

Your email address will not be published.