Cara Menghitung Harga Pokok Produksi


Menghitung HPP Produk – Harga Pokok Produksi (HPP) adalah seluruh jumlah biaya yang dikeluarkan untuk dapat memperoleh barang yang dijual ataupun harga perolehan dari barang yang telah dijual. HPP merupakan salah satu elemen yang sangat penting dari laporan rugi dan laba dalam sebuah perusahaan dagang.



Jika perusahaan menyusun laporan keuangan terutama laporan laba dan rugi, maka harus dilakukan perhitungan HPP yang akan terjadi dalam periode berjalan. Untuk perhitungan HPP yang tepat dan akurat akan mempengaruhi nilai laba yang diperoleh perusahaan ataupun kerugian yang akan ditanggung oleh perusahaan.

Oleh sebab itu, jika perhitungan HPP dilakukan dengan tepat maka akan menghasilkan laporan laba dan rugi perusahaan yang semakin akurat.

Unsur Pembentuk HPP

Untuk perhitungan HPP, ada beberapa unsur-unsur pembentuk harga pokok produksi yang harus dipahami. Unsur-unsur tersebut yaitu persediaan awal, persediaan akhir, pembelian bersih barang dagang dan biaya-biaya selama dalam proses produksi. Berikut adalah penjelasan yang detail dari unsur-unsur tersebut:



Leave a Reply

Your email address will not be published.