Cara Menghitung Luas Bangunan Atau Rumah Secara Manual Dan Aplikasi


Cara Menghitung Luas Tanah – Properti rumah, bangunan dan juga tanah merupakan satu harta yang paling diimpikan oleh banyak orang. Dengan semakin banyaknya jumlah penduduk sekarang ini, maka harga tanah dan rumah juga terus mengalami meningkat. Hal inilah yang membuat rumah menjadi salah satu impian masyarakat.

Nah berhubungan dengan properti rumah, bangunan dan tanah sendiri, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang cara menghitung luas bangunan, rumah dan tanah mulai dari manual menggunakan rumus matematika sampai dengan menggunakan software yang otomatis anda hanya tinggal menginput data ke program yang digunakan seperti AUTOCAD. Kedua cara tersebut memang sama-sama baik tergantung dari kebiasaan masing-masing.

Cara 1. Menghitung Luas Bangunan Dengan Menggunakan Rumus Matematika

Caranya dengan melihat bentuk denah rumahnya, apakah berbentuk persegi panjang, segi tiga, trapesium, lingkaran atau bentuk yang lain. Dari bentuk tersebut, maka akan diketahui luasnya. Misalkan jika persegi, maka dihitung dengan rumus panjang kali lebar dan jika segitiga, maka dihitung dengan rumus alas kali tinggi dibagi dua. Contohnya dapat anda lihat dalam perhitungan luas bangunan ukuran 5m x gm dengan denah seperti dibawah ini.

Rumah dengan denah seperti di atas memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran lebar depan 5 meter dan panjang kebelakang 6 meter. Jadi untuk luasnya dapat kita hitung dengan menggunakan rumus L = P X L, Luas rumah= 5 m x 6 m = 30 m2

Baca juga: Cara Menghitung RAB Bangunan

Cara 2. Menghitung Luas Bangunan Dengan Software Autocad

Dengan menggunakan carai ini cenderung lebih mudah dan cepat. Cara ini sangat membantu jika bentuk bangunan tidak beraturan ataupun banyak tekukan. Sehingga sangat merepotkan apabila dihitung luasnya dengan menggunakan rumus matematika manual. Caranya yaitu :

  • Kita terlebih dahulu harus membuat garis saling menyambung yang akan mengelilingi sisi luar bangunan. Caranya dapat dilakukan dengan perintah Poly Line (PL) pada command kemudian enter dan dilanjut membuat garis mengelilingi bidang yang akan dihitung luasnya.
  • Selanjutnya klik garis poly line tersebut dan kemudian ketik perintah LIST (LI) dan enter, maka akan mucul jendela baru yang menunjukkan keterangan luas, keliling dan koordinat.

PLINE
Specify start point:
Current line-width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: *Cancel*

Command:
Command: LI
LIST 1 found

LWPOLYLINE Layer: “0”
Space: Model space
Handle = 224e
Closed
Constant width 0.0000
area 30000000.0000
perimeter 22000.0000

at point X=-45829.8649 Y=6642.9370 Z= 0.0000
at point X=-40829.8649 Y=6642.9370 Z= 0.0000
at point X=-40829.8649 Y= 642.9370 Z= 0.0000
at point X=-45829.8649 Y= 642.9370 Z= 0.0000

Perhatikan pada keterangan area 3000000, itu merupakan luasnya, kurangi 6 digit nol dibelakang sehingga diperoleh angka 30 yang artinya luas bangunan = 30 m2.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Tanah

Ketentuan Bangunan

Bangunan yang kita miliki seperti rumah sudah pasti mempunyai  batas-batas fisik yang mudah dikenali sebagai batas luas. Namun perlu dipahami bahwa seluruh bagian ruang yang memiliki perkerasan lantai, perhitungan luasnya tidak sama. Misalkan luas sebuah ruang  tidur dengan ukuran 3 x 4 m2 tidak di hitung sama dengan sebuah teras yang berukuran 3 x 4 m2. Meskipun secara matematik keduanya memiliki  luas area yang sama, yaitu 12 m2.
Begitupun juga apabila kita mempunyai ruang-ruang lain yang sejenis teras tersebut seperti balkon, selasar, ataupun mesanin.

Beberapa hal yang juga mungkin setiap pemilik bangunan harus tahu diantaranya, adalah sebagai berikut:

1. Dalam menghitung jumlah luas lantai suatu ruangan,perhitungannya dilakukan sampai batas dinding terluar. Tentunya bila ada ruang atau lebih yang berhimpitan dan dibatasi dinding, maka perhitungannya adalah dari as (tengah-tengah) dinding sampai dinding berikutnya.

2. Ruangan tertutup atap yang dindingnya lebih tinggi dari 1,20 m2 dari lantai atas, dihitung penuh (100 %). Misal ruang ukuran tersebut 3 X 4 m2, maka luas adalah 12 m2. Apabila dinding pembatas ruang tadi tingginya kurang dari 1,20 m2, maka luas ruang itu hanya diperhitungkan separuhnya. Semua itu diperkenankan dari KDB yang ditentukan oleh daerah tersebut.

3. Overstek seperti balkon dengan dinding pagar tidak tinggi lebih dari 1,20 m2, tidak diperhitungkan luasnya.

4. Teras beratap dengan sebagian dindingnya memiliki ketinggian lebih dari 1,20 m2, diperhitungkan 60% Ruang bawah tanah, luas tanahnya dihitung 100 %.

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini memang masih banyak sekali rumah yang diukur luas perseginya dengan menggunakan cara manual. Tetapi ada juga beberapa yang sekarang ini memanfaatkan aplikasi terutama bagi mereka yang sedang membangun suatu  perumahan atau gedung perkantoran karena secara perhitungan memang akan jauh lebih rumit dan memakan waktu yang cukup lama jika dilakukan secara manual. Perlu anda ketahui baik itu cara manual atau menggunakan sofware bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan selera anda asalkan pengerjaannya dilakukan dengan benar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda terkait dengan cara menghitung luas bangunan baik itu dengan menggunakan rumus matematika ataupun dengan bantuan software autocad. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Advertisement

Leave a Comment