Cara Menghitung Pajak Mobil Tahunan


Perhitungan Pajak Mobil РMembayar pajak mobil adalah satu hal yang perlu diperhatikan, karena bila anda terlambat membayar pajak, tentu akan dikenakan denda. Apalagi saat ini perhitungan persentase denda pajak sudah sangat tinggi. Denda pajak mobil dibuat agar pemasukan untuk pembenahan infrastruktur jalan agar tidak mengalami hambatan. Dahulu denda pajak memang sangat kecil, maka  tak jarang jika banyak sekali yang telat membayar pajak dan bahkan bisa sampai lima tahun sekali. Namun sekarang ini anda jangan coba-coba untuk terlambat dalam membayar pajak karena persentase pembayarannya saat ini sudah semakin membesar.



Peraturan terbaru mengenai denda pajak mobil adalah apabila anda telat 2 hari membayar pajak mobil dari tanggal jatuh tempo, maka dendanya adalah 25%. Jika lebih dari 1 bulan, diberi tambahan denda 2%, dengan maksimal denda sebesar 48% dari pokok pajak yang belum dibayar per bulan.

Data yang dibutuhkan untuk menghitung pajak mobil :

  1. STNK
  2. Jenis mobil (sedan, minibus, dll).
  3. Merk mobil.
  4. Tipe mobil.
  5. Tahun pembuatan kendaraan.
  6. Cylinder (besar CC).
  7. Kegunaan mobil (untuk pribadi, umum, dll).
  8. Tanggal jatuh tempo.

Toleransi Keterlambatan Pembayaran PKB

Toleransi diberikan selama 1 hari kerja terhitung dari hari terakhir batas pembayaran. Misalnya, jatuh tempo bayar pajak mobil tangaal 20 hari selasa, ditoleransi 1 hari kerja sehingga denda bisa dibayar tanggal 22 hari kamis. Apabila, batas terkahir jatuh pada hari sabtu, maka toleransi diberikan pada hari selasa karena hari Minggu tidak dihitung. Kesimpulannya, jika terlambat dua hari berarti dianggap sebagai denda 1 bulan pertama, bila melewati 1 bulan 1 hari, maka denda dihitung sebanyak 2 bulan.

Baca juga: Contoh Pajak Bumi dan Bangunan

Rumus Perhitungan Denda Pajak Mobil

Denda pajak didapat oleh pengguna kendaraan yang telah melewati batas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Setiap terlambat membayar PKB, otomatis harus membayar SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Cara menghitung denda pajak mobil adalah sebagai berikut :



Leave a Reply

Your email address will not be published.