Cara Menghitung Pajak Bumi Dan Bangunan


Pajak Bumi Dan Bangunan – Cara untuk dapat menghitung PBB (Pajak Bumi Dan Bangunan) adalah suatu hal yang sangat penting bagi semua warga indonesia terutama untuk mereka yang mempunyai tanah dan bangunan karena dalam setiap tahunnya akan selalu berurusan dengan penyelesaian pembayaran pajak, namun bagaimana jika banyak yang tidak tahu tentang ilmu ini sehingga tidak akan bisa menghitungnya?



Apakah hanya pasrah terhadap pemerintah dan membayar sesuai dengan perhitungan pajak? Bagaimanakah jika ternyata hasil dari perhitungan tersebut tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Misalkan perbedaan antara data luas tanah dan tanah. Jika kebetulan jumlah pembayaran PBB kecil atau kebetulan sedang dalam kondisi ekonomi yang baik, mungkin tidak akan menjadi masalah karena hanya tinggal membayar maka akan selesai urusan perpajakan ini. Yang menjadi masalah adalah pada saat bangunan yang dimiliki cukup besar sehingga sudah pasti harus membayar PBB dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, akan sangat bagus apabila anda mengetahui dasar-dasar untuk perhitungan PBB, dan disini kami akan menguraikannya dengan sederhana.

Rumus PBB = 0,5% x tarif tetap, nilai ini berdasarkan dari undang-undang no. 12 tahun 1994.

Baca juga: Cara Menghitung BPHTB

Faktor Perhitungan Pajak PBB Terhutang

Untuk Perhitungan pajak PBB terhutang, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam perhitungannya :

1. Tarif Pajak

Tarif PBB memiliki tarif tunggal (single tarif) sebesar 0,5% yang dapat berlaku sejak Undang-undang PBB tahun 1985 sampai sekarang.

2. NJOP



Leave a Reply

Your email address will not be published.