Cara Menghitung Perbandingan Senilai


Perbandingan Senilai – Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menghitung logaritma tanpa menggunakan kalkulator dengan mudah, nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas materi tentang rumus perbandingan. Untuk dapat memudahkan anda dalam mempelajarinya, kami juga akan menjabarkan secara detail dan lengkap dari mulai dari pengertian, beserta contoh soalnya.



Materi perbandingan ini juga termasuk kedalam golongan aritmatika. Oleh karena itu, perbandingan bisa diartikan sebagai usaha untuk dapat membandingkan dua objek atau lebih dengan menggunakan rumus perbandingan yang tepat.

Rumus perbandingan mempunyai contoh soal perbandingan yang bisa membantu anda dalam menguasai materi ini.  Pada umumnya dalam soal perbandingan terdapat perselisihan umur, berat badan, tinggi badan, nilai pelajaran dan lain sebagainya. Perbandingan matematika sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu  perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Perbandingan adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat membandingkan antara dua hal atau lebih, baik dalam bentuk jumlah ataupun ukuran.

Apakah anda pernah membeli buah apel? Jika semakin banyak anda membeli buah apel maka sudah pasti banyak juga jumlah uang yang akan anda keluarkan. Sebaliknya, jika semakin sedikit anda membeli buah apel maka akan sedikit pula uang yang anda keluarkan untuk membayar buah apel tersebut. Kejadian seperti ini dalam matematika disebut sebagai perbandingan senilai atau seharga. Pada saat kalian belajar matematika di bangku sekolah SMP pasti kalian pernah bertemu dengan namanya perbandingan. Secara umum pengertian perbandingan yaitu perbedaan (selisih) dari dua hal ataupun lebih dengan mengikuti pola kesamaan tertentu.



Leave a Reply

Your email address will not be published.