Cara Menghitung Luas Tanah Meter Persegi


Cara Menghitung Luas Tanah – Untuk anda pekerja kantor/instansi yang berurusan dengan tugas pengukuran tanah tentunya, pasti menghitung luas lahan adalah pekerjaan yang selalu dilakukan.



Seperti yang telah kita tahu bahwa bentuk tanah tidak selalu persegi ataupun persegi panjang. Tetapi ada juga tanah yang memiliki bentuk tidak beraturan, seperti misalnya trapesium ataupun segitiga. Satuan luas tanah sendiri biasanya dinyatakan dalam meter persegi (m²). Namun ada juga satuan lain yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat, seperti hektar, are, dan juga ru.

Masing – masing bentuk tanah pastinya mempunyai rumus yang berbeda. Jika bentuk tanahnya hanya persegi, maka rumus luas tanah tersebut sama seperti rumus luas persegi. Namun jika bentuk suatu tanah tidak beraturan, maka rumus yang dipakan juga akan berbeda nantinya. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini ini, menghitung luas tanah sudah bukan menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Kita bisa memanfaatkan alat bantu seperti GPS, software komputer bahkan dengan memanfaatkan aplikasi maps online. Dengan memanfaatkan aplikasi maps online, kita bisa mengetahui gambar tanah dengan lebih jelas.

Satuan Luas Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa selain dinyatakan dalam ukuran meter persegi, tanah juga bisa dinyatakan dengan satuan yang lain seperti hektar, are dan juga ru. Berikut ini adalah penjelasannya :



Leave a Reply

Your email address will not be published.