Cara Menghitung Luas Tanah Lengkap dengan Contoh Soal


Cara Menghitung Luas Tanah – Untuk anda pekerja kantor/instansi yang berurusan dengan tugas pengukuran tanah tentunya, pasti menghitung luas lahan adalah pekerjaan yang selalu dilakukan.

Seperti yang telah kita tahu bahwa bentuk tanah tidak selalu persegi ataupun persegi panjang. Tetapi ada juga tanah yang memiliki bentuk tidak beraturan, seperti misalnya trapesium ataupun segitiga. Satuan luas tanah sendiri biasanya dinyatakan dalam meter persegi (m²). Namun ada juga satuan lain yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat, seperti hektar, are, dan juga ru.

Masing – masing bentuk tanah pastinya mempunyai rumus yang berbeda. Jika bentuk tanahnya hanya persegi, maka rumus luas tanah tersebut sama seperti rumus luas persegi. Namun jika bentuk suatu tanah tidak beraturan, maka rumus yang dipakan juga akanberbeda nantinya. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi seperti saat iini ini, menghitung luas tanah sudah bukan menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Kita bisa memanfaatkan alat bantu seperti GPS, software komputer bahkan dengan memanfaatkan aplikasi maps online. Dengan memanfaatkan aplikasi maps online, kita bisa mengetahui gambar tanah dengan lebih jelas.

Satuan Luas Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa selain dinyatakan dalam ukuran meter persegi, tanah juga bisa dinyatakan dengan satuan yang lain seperti hektar, are dan juga ru. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • 1 hektare = 10.000 m²
  • 1 are = 100 m²
  • 1 ru = 14.0625 m²

Baca juga: Cara Menghitung Pondasi Rumah

Cara Menghitung Luas Area Tertutup (Polygon)

Menghitung luas area tertutup dengan autocad termasuk mudah, karena kita sudah tahu berapa luas perseginya.

Sebagai contoh, terdapat bidang dengan bentuk tidak kotak, melainkan gabungan dari garis tegak lurus dan miring seperti berikut (Exs. Gambar). Ketik AA – Enter, maka akan muncul tulisan “Specify first corner point or [Object/add area/subtract area]”.

Pilih object karena kita akan menghitung bidang tertutup (Exs. Gambar). Lalu, ketik O – Enter, lalu pilih objek yang akan dihitung luasnya, maka hasilnya akan tampil Area = luasan, Length = panjang garis keseluruhan. Dan selesai

Cara Melihat Luas Area Dengan Fitur Properties Autocad

Fitur “Properties” di autocad berfungsi memperlihatkan spesifikasi dari garis/objek yang dipilih.

Cara menggunakan fitur sangatlah mudah. Pertama, klik objek yang diinginkan.

Lalu, klik kanan, pilih properties (Exs. Gambar). Maka, akan muncul kotak dialog properties, scrol kebawah sampai menemui Geometry, lalu dibagian bawahnya terdapat Area yang berisikan nilai, itulah luasan objeknya.

Menghitung Luas Area Dengan Perintah List Autocad

Fungsi perintah List “LI” adalah memperlihatkan kita tentang informasi objek yang dipilih, sudah termasuk luas area, panjang garis dan koordinatnya.

Cara menggunakannya adalah dengan memilih objek yang akan dihitung luasnya (klik objeknya), lalu ketik li – Enter, lalu akan tampil kotak dialog box menyerupai notepad.

Cari tulisan Area dan lihat berapa nilai luas objek tersebut. Kita juga bisa menghitung luas garis tertutup dan luas hatch dengan menggunakan perintah berikut.

Cara Menghitung Luas Area Yang Terpisah Secara Keseluruhan

Cara ini dikhususkan untuk menghitung total luas objek yang terpisah. Cara ini juga bisa dipakai untuk menghitung luas banyak objek sekaligus.

Sebagai contoh, terdapat gambar dengan 4 objek (Exs. Gambar). Ketik AREA – Enter, lalu ketik A > Enter pada command prompt “Specify first corner point or [Object/Add area/Subtract area.

Selanjutnya klik O – Enter, lalu tinggal pilih objek yang diinginkan, kalu sudah tekan Enter, maka total areanya akan muncul seperti ini

Cara Menghitung Luas Area Dari Titik Point

Caranya adalah, ketik Area – Enter, lalu klik point pertama, lanjut titik point kedua, ketiga sampai point terakhir. Jika sudah tekan Enter, maka akan langsung muncul hasilnya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan

Contoh soal latihan beserta cara dan penjelasannya :

Keterangan:

  • garis merah merupakan diagonal bidang tanah.
  • garis putih bentuk bidang tanah.

Cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Advertisement

Leave a Comment