Konversi Satuan Kubik Ke Liter Dan Sebaliknya


Konversi m3 ke Liter – Pada artikel ini kami akan menyampaikan materi mengenai konversi satuanĀ  volume kubik dan liter. Materi ini menjadi salah satu materi dasar dalam matematika. Akan tetapi juga menjadi salah satu materi yang penting untuk dipelajari.



Apa itu konversi satuan volume? Bagaimana cara melakukan konversi satuan volume? Pertanyaan-pertanyaan ini akan kami jawab pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Konversi Satuan Volume

Konversi satuan volume adalah sebuah materi yang berhubungan dengan satuan volume yang senilai dan satuan volume lainnya. Satuan ukuran dalam satuan volume merupakan suatu petunjuk bahwa yang kita bahas adalah volume atau isi. Satuan volume biasa dipakai untuk menyatakan ukuran berbagai barang. Seperti kapasitas air dalam tangki, minyak, volume benda dan lain-lain.

Satuan volume bisa dinyatakan dengan berbagai istilah. Seperti kubik, liter ataupun cc. Setiap satuan volume tersebut mempunyai hubungan persamaan ukuran yang dibahas dalam konversi satuan volume. Contohnya, nilai 1 cc air dapat diubah atau dikonversikan menjadi 1 mililiter air.

Satuan cc sendiri merupakan satuan yang sering dipakai untuk menyatakan takaran air. Cc merupakan singkatan dari cubic centimeter atau jika diubah ke bahasa Indonesia disebut sentimeter kubik. Satuan itu merupakan salah satu bagian dari satuan kubik untuk menyatakan volume.



Satuan cubic centimeter (cc) didapat dari hasil kali tiga satuan centimeter (cm) pada suatu balok dengan ukuran masing-masing sisinya adalah 1 cm.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Tanah

Tidak hanya dapat dinyatakan dalam satuan cc, kita juga bisa menyatakannya dalam satuan liter atau kubik. Mengenai cara menghitung konversi satuan volume, kami akan bahas di bawah ini. Pembahasannya mencakup ulasan materi satuan volume, tangga konversi satuan volume hingga contoh cara melakukan konversi satuan volume.

Satuan Volume

Satuan volume dipakai untuk menyatakan besaran ukuran isi suatu barang yang bisa berupa zat padat, cair maupun gas. Seperti yang sudah dibahas di atas, satuan volume bisa dipakai untuk menyatakan kapasitas air, volume suatu benda dan lain sebagainya.

Misalnya suatu balok memiliki volume tertentu yang disusun oleh panjang, lebar dan tinggi. Volume balok yang memiliki ruang ini bisa dinyatakan dengan satuan kubik. Satuan ukuran ini menyatakan isi ruang dari balok.

Untuk menyatakan banyaknya air dalam suatu wadah, kita bisa menggunakan satuan liter atau satuan lain sejenis. Antara lain kiloliter (kl), hektoliter (hl), dal (dekaliter), liter (l), desiliter (dl), centiliter (cl), dan mililiter (ml).

Di samping satuan volume kubik dan liter, juga ada satuan cc. Akan tetapi sebenarnya cc juga merupakan satuan untuk kubik. Seperti yang diketahui cc merupakan kependekan dari centimeter cubic.





Leave a Reply

Your email address will not be published.