Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan


Teks Eksposisi Tentang Lingkungan – Secara terminologi, teks eksposisi merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan diisi dengan beberapa informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas.



Pada umumnya teks ini akan membahas sebuah topik yang sangat menarik untuk dibaca. Sehingga jika kita membaca teks tersebut, maka kita akan mendapatkan informasi yang berharga.

Sebagai contoh, paragraf eskposisi tentang keadaan pendidikan di Indonesia sekarang ini.

Teks tersebut akan membuat berbagai informasi terkait pendidikan itu sendiri yang ditulis secara ringkas dan jelas. Selain itu, teks ini juga mempunyai jenis, kaidah serta struktur tersendiri dalam penulisannya.

Untuk lebih memahami teks jenis eksposisi ini, perhatikan beberapa contoh teks eksposisi singkat berikut ini. Misalnya contoh karangan ekposisi tentang kesehatan lingkungan dan pendidikan di Indonesia sekarang ini.



Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pada intinya pendidikan merupakan hak bagi setiap Warga Negara Indonesia. Sebab, pendidikan memiliki peran penting untuk memajukan sebuah peradaban bangsa (Tesis). Kini, Indonesia sedang menerapkan sebuah sistem pendidikan dengan kurikulum 2013 (K13). Perkembangan pendidikan di Indonesia juga sangat pesat. Dengan melalui penerapan kurikulum 2013 ini, pemerintah berharap adanya sebuah transformasi yang lebih dari masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan kurikulum akan menekankan pada aspek Efektif, Kognitif, dan Psikomotorik. Walaupun kurikulum 2013 ini masih belum bisa dipahami secara luas oleh beberapa instansi pendidikan yang ada. Sehingga banyak sekali sekolah yang masih belum menerapkan K13 ini lebih optimal (Argumentasi). Dengan begitu bisa kita pahami bahwa sekarang ini Indonesia sedang menjalani sistem pendidikan dengan Kurikulum 2013. Di perlukan sosialisasi yang lebih baik lagi, agar K14 dapat diaplikasikan secara merata (Penegasan Kembali).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Sirih Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat. Tenaman yang satu ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat, yang berguna untuk persediaan tanaman obat-obatan (Tesis). Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa tanaman Sirih Merah ini sering dijadikan sebagai obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatasi ketombe. Selain itu ada juga yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi keputihan pada area kewanitaan.

Masyarakat memanfaatkan tanaman Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, lalu diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya. Senyawa tersebut adalah Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tanaman Sirih Merah mampu menyembuhkan beberapa penyakit secara alami (Penegasan Kembali).



Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan merupakan hal yang serius dan sudah semestinya diaplikasikan dengan benar-benar. Namun sayangnya, masih banyak sekali yang belum memiliki kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Argumentasi

Setidaknya ada empat tipe pencemaran yang dapat menganggu kenyamanan antara lain yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran nada.





Leave a Reply

Your email address will not be published.