Contoh Teks Prosedur Kompleks Dan Lengkap


Teks Prosedur Kompleks –┬áBerbicara tentang teks, tentunya anda sudah mengetahui beberapa jenis teks yang pernah muncul di dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah teks prosedur, jenis teks inilah yang akan membahas atau menjelaskan langkah-langkah saat membuat dan melakukan sesuatu.



Sama seperti jenis teks pada umumnya, jenis teks prosedur kompleks ini mempunyai ciri-ciri yang dapat membedakan antara teksnya. Apa saja teks nya? Simak ulasan berikut ini :

  1. Di dalam teks prosedur kompleks ini biasa mengguanakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.
  2. Teks prosedur kompleks menggunakan kata kerja aktif.
  3. Di dalam teks prosedur komplek juga menerapkan konjungsi (kata penghubung)
  4. Menggunakan kata keterangan yang menunjukkan sebuah tempat, waktu dan cara supaya lebih tepat

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang terdiri dari adanya tahap-tahap ataupun langkah-langkah yang akan di gunakan untuk melakukan suatu hal. Hal ini pastinya bisa menjadi apa saja, mulai dari menyusun sesuatu yang nantinya akan di sajikan dengan cara berurutan maupun dapat melakukan salah satu aktivitas yang tertentu.

Secara umum, teks prosedur ini memang jauh lebih fleksibel karena tidak ada batasan oleh hal-hal yang bersifat paten.

Struktur Teks Prosedur

Setiap teks mempunyai struktur penyusun supaya penyusunan teks jauh lebih baik dan benar. Sama halnya dengan teks prosedur, dimana terdapat struktur ketika pembuatan ataupun penyusun teksnya.

Struktur teks prosedur pastinya akan sangat penting sekali ketika pembuatan teksnya, dan struktur tersebut menjadi 3. Yang pertama adalah bagian tujuan, yang kedua adalah bagian material, dan yang ketiga adalah bagian langkah-langkah. Berikut ini adalah uraian selengkapnya tentang struktur teks prosedur.



Tujuan

Untuk struktur tujuan yang terdapat di dalam teks prosedur memang sangat beragam, contoh yang sering kita jumpai adalah judul. Selain itu, bisa juga tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat.

Maksudnya adalah tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah-langkah yang terdapat di dalam teks prosedur tersebut.

Material/Bahan

Bagian yang kedua yaitu bagian material, bagian ini akan membahas masalah alat, bahan, atau dengan kata lain akan membahas mengenai material apa saja yang diperlukan.

Namun tidak semua teks prosedur menggunakan bagian material. Pada umumnya, bagian material akan dituliskan dalam teks prosedur jikan membahas tentang pembuatan sesuatu. Misalnya saja membuat minuman, makanan, dan lainnya.

Langkah-langkah

Bagian langkah-langkah merupakan bagian yang di dalamnya menjelaskan tentang proses dari tahapan ataupun langkah yang wajib dilakukan demi mendapatkan hasil yan lebih maksimal dimana sesuai denga tujuan dari pembuatan teks prosedur.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *