Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


Teks Eksposisi Tema Pendidikan РPada umumnya sebuah teks eksposisi dibuat secara ringkas dan jelas, berisi informasi dan pengetahuan.



Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan informasi tertentu agar menambah pengetahuan para pembaca.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eskposisi terbagi menjadi 3 struktur yaitu pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat (reiteration). Nah, Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan yang lebih detail dari ketiga struktur tersebut.

  1. Tesis atau pernyataan pendapat : adalah bagian yang isinya memuat tentang sudut pandang penulis terhadap sebuah topik yang akan dibahas dalam teks eksposisi. Tesis ini berdasarkan dari sebuah bentuk pernyataan yang nantinya akan didukung dengan argumen-argumen untuk membuatnya lebih kuat.
  2. Argumentasi : adalah sebuah bentuk bukti atau alasan yang berguna untuk dapat memperkuat pernyataan umum atau tesis yang bersumber dari suatu hasil penelitian atau sumber lain. Akan tetapi dalam prakteknya, argumentasi ini juga dapat digunakan untuk membuat sanggahan atau menolak suatu pernyataan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat : biasa juga disebut dengan kesimpulan yang berguna untuk dapat menegaskan kembali apa yang sudah dijelakakn dalam teks eksposisi ini.

Pada kesempatan kali ini kami hanya fokus memberikan contoh teks eksposisi pendidikan. Apabila anda berminat untuk mempelajari pengertian, struktur, tujuan, ciri-ciri, dan jenis teks eksposisi kami sudah pernah membahas secara lengkap di artikel sebelumnya. Selain itu, di dalam artikel tersebut juga ada beberapa contoh teks eksposisi lainnya.