Contoh Teks Laporan Tentang Flora Dan Fauna


Contoh Teks Laporan Tentang Flora Dan Fauna – Laporan merupakan suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang telah dilakukan dan memiliki tujuan untuk menginformasikan hasil yang didapatkan tersebut kepada para orang banyak. Berdasarkan pengertian tersebut, teks laporan merupakan bentuk tulisan yang menjelaskan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya.



Teks laporan juga biasa disebut dengan teks klasifikasi. Ini karena teks laporan mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan kriteria yang tertentu. Contoh teks ini tidak jauh berbeda dengan teks deskripsi namun yang membedakan hanyalah sifatnya. Apabila teks deskripsi biasanya membicarakan hal-hal khusus, teks laporan justru membicarakan fenomena atau hal umum yang jauh lebih luas.

Baca juga: Teks Laporan Tema Lingkungan

Struktur Teks Laporan

  1. Pernyataan umum atau klasifikasi pada awal paragraf
  2. Paragraf yang memiliki isi aspek-aspek yang dilaporkan

Ciri-Ciri Teks Laporan

  1. Laporan yang ditulis berdasarkan fakta
  2. Bersifat objektif
  3. Hasil laporan ditulis secara lengkap dan sempurna
  4. Tidak mengandung unsur-unsur menyimpang seperti propaganda
  5. Laporan disuguhkan secara menarik, baik itu dalam hal tata bahas yang jelas, isinya yang berbobot, ataupun susunan teksnya yang logis.

Langkah-Langkah Membuat Teks Laporan

  1. Membuat judul teks laporan berdasarkan sebuah objek yang sedang kita amati.
  2. Membuat kerangka karangan.
  3. Mengembangkan ide-ide yang terdapat di dalam kerangka karangan dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan pendukung yang berdasarkan hasil pengamatan.
  4. Membuat kesimpulan

Contoh Teks Laporan

Untuk lebih jelasnya, selanjutnya kami akan memberikan beberapa contoh teks laporan flora dan fauna untuk anda. Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh teks laporan yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi:



Leave a Reply

Your email address will not be published.