Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan


Kelapa

Definisi Umum



Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau yang disebut dengan pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang memiliki batang tinggi, tingginya bisa mencapai hingga 3 meter. Buahnya tertutup dengan sabut dan tempurung keras, didalam buahnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapan merupakan sebuat dari nama buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini. Kelapa kini menjadi tumbuhan serba guna karena semua bagiannya bisa kita manfaatkan, karena memiliki banyak manfaat maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramukan di Indonesia.

Tumbuhan yang satu ini berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, tetapi saat ini sudah banyak menyebar luas hingga di seluruh pantai tropika dunia.

Definisi Bagian

Tumbuhan ini memiliki bagian-bagian yang dapat dimanfaatkan yaitu buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Untuk buah kelapa sendiri terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Pohon kelapa atau yang disebut dengan pohon nyiur ini banyak tumbuh di tepi pantai.

Definisi Manfaat

Berdasarkan sebuah penelitian, kelapa terbukti memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati keracunan karena buah ini mampu menetralkan racun didalam tubuh kita dan bisa dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Definisi Penutup

Para dokter gigi juga telah meyakini bahwa buah kelapa dapat mencegah gigi berlubang. Sedangkan batang pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi yang lainnya.