Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Singkat


Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Tanah Longsor

Pernyataan Umum



Tanah longsor adalah bencana alam yang terjadi karena pergerakan tanah yang ambrol atau lengser dari dataran tinggi ke dataran yang berada di bawahnya. Tanah longsor juga merupakan bencana alam yang sangat beresiko jika daerah yang tertimpa longsoran adalah lokasi padat penduduk.

Tanah longsor yang terjadi di lokasi padat penduduk, lahan pertanian dan perikanan, ataupun jalur transportasi sudah pasti dapat menyebabkan banyak kerugian dan bahkan bisa juga menyebabkan orang-orang wafat karena tertimbun oleh tanah.

Deretan Penjelas

Tanah longsor merupakan momen geologi yang teradi karena masa material seperti bebatuan dengan berbagai macam ukuran, tanah, atau gumpalan tanah mengalami gerakan yang disebabkan oleh 3 type aspek, yaitu style gravitasi, aspek pendorong, dan aspek penyebab.

Aspek pendorong merupakan ciri-khas bermaterial tanah tersebut sesaat aspek penyebab yaitu yang menyebabkan material tanah tersebut bergerak dan lengser dari tempat awalnya. Aspek penyebab tanah longsor sendiri terdiri dari dua macam yaitu aspek alam dan aspek manusia.

Aspek alam merupakan aspek pendorong yang dikarenakan oleh fenomena alam yang lain sesaat aspek manusia yakni aspek yang disebabkan oleh kelalaian manusia. Terdapat beragam type aspek pendorong yang dapat mengakibatkan terjadinya tanah longsor :

1. Hujan

Hujan deras merupakan salah satu penyebab terjadinya tanah longsor, hal ini dikarenakan air hujan yang banyak tertampung di tanah dapat menyebabkan terjadinya gerakan tanah, terutama jika tanah tersebut merupakan tanah yang keropos dan tidak memiliki daya ikat yang baik.

2. Gempa Bumi

Gempa bumi tidak hanya bisa merobohkan bangunan saja, tetapi juga dapat menyebabkan tanah longsor karena getarannya yang menyebabkan terjadinya gerakan material tanah misalnya gugurnya material bawah penahan tanah.

3. Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi sering mengakibatkan tanah di sekitar gunung itu lengser baik karna magma yang mengalir maupun getaran yang berlangsung saat magma menekan keluar dari dalam perut bumi.

Pastinya erupsi gunung berapi juga akan membawa material penambahan yang di keluarkan dari dalam perut bumi serta material ini tidak dapat ditahan oleh susunan tanah sisi bawah hingga tanah di bagian atas ambrol.

Tanah longsor yang dikarenakan oleh kesibukan gunung berapi ini umumnya berlangsung dengan bertahap, terutama saat berlangsung hujan, jadi dengan berkala tanah serta pasir vulkanik juga akan lengser. Momen ini dimaksud sebagai banjir lahar dingin.

4. Penggundulan Hutan