Tabel Trigonometri Sudut Istimewa Lengkap


Tabel Sudut Trigonometri – Menyinggung soal trigonometri, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas materi tentang tabel sudut istimewa. Disebut istimewa lantaran sudut tersebut dapat diukur dengan mudah hanya berbekal perbandingan trigonometri saja.



Tanpa perlu menggunakan kalkulator, kita bisa mengukur sudut-sudut tersebut dengan mudah. Lebih lanjut, sudut istimewa dalam trigonometri hanya ada lima macam saja, yakni 0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°. Pada pembahasan kali ini kita akan belajar mengenai sudut istimewa trigonometri hingga 360°.

Sudut-sudut istimewa dalam trigonometri adalah sudut mulai 0° sampai 360°. Sudut satu putaran penuh dapat diartikan sebagai 360°, dan dalam satu putaran penuh bisa dibagi menjadi 4 kuadran.

Sehingga setiap kuadran terbagi menjadi rentang sudut 90°. Kuadran tersebut antara lain:

  • Kuadran I dari 0° sampai 90°
  • Kuadran II dari 90° sampai 180°
  • Kuadran III dari 180° sampai 270°
  • Kuadran IV dari 270° sampai 360°

Materi selanjutnya kita akan membahas lebih dalam mengenai sudut-sudut istimewa tersebut. Akan tetapi kita juga perlu mengetahui apa itu trigonometri. Jadi kita awali dari pengertian trigonometri itu sendiri.

Baca juga: Rumus Turunan Trigonometri

Pengertian Trigonometri

Trigonometri adalah bagian dari ilmu matematika yang mempelajari khusus mengenai hubungan antar sisi dan sudut suatu segitiga. Hubungan tersebut mencakup relasi dan fungsi dasar yang muncul. Dalam perhitungannya, trigonometri adalah nilai perbandingan yang didapat pada segitiga siku-siku ataupun koordinat kartesius.

Dalam trigonometri kita juga mengenal istilah fungsi trigonometri, yang meliputi sin (sinus), cos (cosines), tan (tangen), cosec (cosecant), sec (secant) dan cotan (cotangent). Fungsi dasar tersebut merupakan cara untuk menemukan besarnya sudut ataupun sisi dari sebuah segitiga.

Perlu dicatat, bangun datar segitiga terdiri dari tiga sisi. Antara lan sisi samping, depan dan sisi miring. Sementara ketiga sudutnya jika dijumlahkan harus berjumlah 180°.

Ketiga sisi-sisi itu bermanfaat untuk menghitung fungsi trigonometri. Misalnya untuk menghitung sin, maka kita bisa mencarinya dengan membagi sisi depan dengan sisi miring. Lalu untuk menghitung cos bisa dilakukan dengan membagi sisi samping dengan sisi miring.

Untuk mengetahui nilai tan, sisi depan dibagi dengan sisi miring. Lalu jika ingin menghitung cosec caranya adalah 1/sinα. Jika ingin menghitung sec caranya 1/cosα. Sedangkan untuk menghitung cot rumusnya adalah 1/tanα.

Tabel Trigonometri Kuadran 1

Sudut Istimewa 45°

Untuk mendapatkan sudut 45°, kita bisa memulainya dengan persegi ABCD yang memiliki panjang 1 satuan dengan membelah diagonalnya. Sehingga kita akan mendapatkan sebuah segitiga siku-siku ABC, dengan sudut siku-siku pada sudut C. Lantaran persegi merupakan sebuah sudut siku-siku, maka jika dibelah diagonalnya akan membentuk sudut 45°.

Untuk mengetahui sisi miringnya kita hanya perlu memakai rumus phytagoras. Dengan menambahkan √12+12 maka diperoleh hasil √2 sebagai sisi miringnya. Sehingga kita akan mendapat nilai sebagai berikut:

Sin 45°= 1/√2= ½ √2.