Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan


Contoh Surat Resign – Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu memang akan dituntut untuk bekerja secara professional. Harapannya adalah supaya nanti ia tetap bekerja sampai jangka waktu yang lama dan bahkan hingga pensiun. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan dengan alasan tertentu seseorang akan memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan atau instansi yang bersangkut. Hal ini memang sangat wajar. Ada  dua   faktor mengapa seseorang bisa memilih untuk mengundurkan diri yaitu faktor internal sampai eksternal.



Faktor internal kenapa seseorang lebih memilih untuk mengundurkan diri misalnya yaitu karena adanya suatu penyakit yang membuatnya sudah tak mampu lagi untuk bekerja secara maksimal. Terkadang hal ini juga dipengaruhi oleh pilihan pribadi untuk lebih fokus kepada bisnis atau hal tertentu  sehingga ia terpaksa harus mengundurkan diri.

Faktor lainnya adalah bisa juga karena pindah tempat tinggal atau rumah. Ada kalanya seseorang pindah karena sudah menemukan pekerjaan baru di perusahaan lain sehingga ia memutuskan untuk memilih lamaran kerja yang lebih baik.

Adapun faktor eksternal yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri misalnya adalah adanya konflik antara sesama karyawan. Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan seseorang terpaksa mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah lama digelutinya.

Apapun itu alasanya, sebaiknya anda mengundurkan diri dengan cara yang baik baik karena bagaimanapun juga dulu anda masuk di perusahaan tersebut dengan baik-baik. Salah satu prosedur yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri.

Ada banyak sekali orang yang bertanya bagaimana cara untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik? Nah, disini anda akan menemukan solusinya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas berbagai hal yang berhubungan dengan pengunduran diri beserta contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Untuk selengkapnya, langsung saja simak uraian dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Resume Lamaran Pekerjaan

Manfaat dan Tujuan Surat Pengunduran Diri

Apabila anda saat ini ingin keluar dari perusahaan tempat anda bekerja maka sebaiknya anda memberikan alasan terbaik dan logis kepada pihak atasan. Hal ini bertujuan supaya pemilik perusahaan bersedia untuk menerima dengan lapang dada dan memaklumi keputusan anda.

Jangan sampai hanya karena anda sudah merasa bosan di tempat tersebut  sehingga membuat alasan apa adanya, terlebih lagi jika mencantumkan bosan sebagai  alasan. Ini tentunya akan mencoreng nama baik anda di mata perusahaan tersebut. Anda harus ambil alasan yang tidak akan membuat atasan atau pemilik perusahaan tersebut menjadi tersinggung. Nah, berikut ini adalah manfaat yang akan anda dapatkan dari pembuatan surat pengunduran diri.

  • Terlihat lebih terhormat dan professional

Setiap perusahaan, instansi, maupun lembaga tertentu pastinya mempunyai aturan dan kebijakan masing-masing. Setiap kebijakan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut harus dipatuhi oleh seluruh karyawan dan anggotanya. Apabila anda menjadi karyawan di perusahaan tersebut maka anda tidak boleh keluar seenaknya.

Anda yang kebetulan ingin keluar dan kemudian membuat surat pengunduran diri tentu anda termasuk orang yang patuh pada aturan dan norma perusahaan. Hal ini akan berdampak baik yaitu anda akan dipandang sebagai seseorang yang bertanggung jawab dan terhormat. Selain itu, anda terlihat memiliki tata krama yang baik di mata semua orang. Ini akan membersihkan nama anda dari prasangkaan yang buruk dan juga kekecewaan dari pihak perusahaan anda.

  • Perusahaan Mempunyai Waktu untuk Mencari Pengganti Posisi Anda

Manfaat yang ini sangat lebih untuk perusahaan. Setiap jabatan atau posisi di sebuah perusahaan mempunyai tugas dan fungsinya masing-masih. Jaman sekarang ini mecari posisi-posisi tertentu bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kebetulan posisi anda di perusahaan tersebut cukup strategis. Oleh sebab itulah, manfaat yang kedua ini adalah untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencari pengganti anda.

Rasionalisasinya seperti ini, ketika anda keluar dari pekerjaan di kantor maka pada saat itu juga posisi anda dalam posisi yang tidak terurus. Maka dari itu, surat pengunduruan diri sangatlah penting supaya perusahaan bisa dengan cepat untuk menemukan orang yang akan menggantikan anda. Selain dapat memudahkan perusahaan, anda juga lebih dihormati karena dengan demikian perusahaan akan selamat dari terbengkalainya tugas tertentu.

Apabila anda sudah mengetahui manfaat dari pengunduran diri, anda pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara untuk membuat surat pengunduran diri yang resmi dan benar. Nah, untuk mempermudah anda dalam membuat surat pengunduran diri, berikut ini kami akan mengulas mengenai beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat dijadikan sebagai acuan dan rujukan anda.

Contoh Surat Resign Dari Pekerjaan

Contoh surat pengunduran diri yang  pertama yaitu surat pengunduran diri atau resign dari pekerjaan. Surat ini merupakan surat yang paling umum digunakan untuk semua pekerjaan. Entah itu dari perusahaan, kantor, instansi dan lain sebagainya.

Semarang, 10 Februari 2018

Kepada

Yth. Pimpinan PT Indo Sejahtera

Semarang

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Irfan Helmy Suprianto

Alamat : Jl. Pahlawan, No. 3, Semarang, Jawa Tengah

Jabatan : Bendahara Umum

Dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan dan jabatan yang sedang saya pegang sekarang ini, terhitung mulai tanggal 13 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara professional. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan karena sudah membimbing saya dan memberikan saya pekerjaan yang baik.

Saya memohon maaf atas keputusan pengunduran diri sehingga mulai hari ini sudah tidak lagi terhitung sebagai bagian dari perusahaan anda dan membantu pekerjaan anda. Saya hanya dapat berharap dan berdoa supaya perusahaan yang anda pimpin menjadi semakin berkembang dan maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan penuh keinginan dan kesadaran tanpa adanya paksaan sama sekali dari pihak manapun.

Tebusan : Bagian Informasi serta Kesekretariatan Kabag

Hormat Saya

Irfan Helmy Suprianto

Contoh Surat Pengunduran dari Hotel

Berikutnya adalah surat pengunduran diri dari hotel ini. Ini merupakan surat pengunduran diri yang ditujukan untuk anda pekerja hotel yang ingin keluar dari pekerjaan hotel. Sebaiknya untuk surat pengunduran diri dari hotel ini harus dibuat sebaik mungkin dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baku.

Malang, 02 Maret 2018

Kepada Yth. Kepala Bagian HRD
Hotel Mulia Indah
Jl. Sukamaju, Malang, Jawa Timur

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini: