Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan


Contoh Surat Resign – Seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu memang akan dituntut untuk bekerja secara professional. Harapannya adalah supaya nanti ia tetap bekerja sampai jangka waktu yang lama dan bahkan hingga pensiun. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan dengan alasan tertentu seseorang akan memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan atau instansi yang bersangkut. Hal ini memang sangat wajar. Ada  dua   faktor mengapa seseorang bisa memilih untuk mengundurkan diri yaitu faktor internal sampai eksternal.



Faktor internal kenapa seseorang lebih memilih untuk mengundurkan diri misalnya yaitu karena adanya suatu penyakit yang membuatnya sudah tak mampu lagi untuk bekerja secara maksimal. Terkadang hal ini juga dipengaruhi oleh pilihan pribadi untuk lebih fokus kepada bisnis atau hal tertentu  sehingga ia terpaksa harus mengundurkan diri.

Faktor lainnya adalah bisa juga karena pindah tempat tinggal atau rumah. Ada kalanya seseorang pindah karena sudah menemukan pekerjaan baru di perusahaan lain sehingga ia memutuskan untuk memilih lamaran kerja yang lebih baik.

Adapun faktor eksternal yang bisa membuat seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri misalnya adalah adanya konflik antara sesama karyawan. Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan seseorang terpaksa mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah lama digelutinya.

Apapun itu alasanya, sebaiknya anda mengundurkan diri dengan cara yang baik baik karena bagaimanapun juga dulu anda masuk di perusahaan tersebut dengan baik-baik. Salah satu prosedur yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri.



Ada banyak sekali orang yang bertanya bagaimana cara untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik? Nah, disini anda akan menemukan solusinya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas berbagai hal yang berhubungan dengan pengunduran diri beserta contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Untuk selengkapnya, langsung saja simak uraian dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Resume Lamaran Pekerjaan

Manfaat dan Tujuan Surat Pengunduran Diri

Apabila anda saat ini ingin keluar dari perusahaan tempat anda bekerja maka sebaiknya anda memberikan alasan terbaik dan logis kepada pihak atasan. Hal ini bertujuan supaya pemilik perusahaan bersedia untuk menerima dengan lapang dada dan memaklumi keputusan anda.

Jangan sampai hanya karena anda sudah merasa bosan di tempat tersebut  sehingga membuat alasan apa adanya, terlebih lagi jika mencantumkan bosan sebagai  alasan. Ini tentunya akan mencoreng nama baik anda di mata perusahaan tersebut. Anda harus ambil alasan yang tidak akan membuat atasan atau pemilik perusahaan tersebut menjadi tersinggung. Nah, berikut ini adalah manfaat yang akan anda dapatkan dari pembuatan surat pengunduran diri.

  • Terlihat lebih terhormat dan professional

Setiap perusahaan, instansi, maupun lembaga tertentu pastinya mempunyai aturan dan kebijakan masing-masing. Setiap kebijakan yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut harus dipatuhi oleh seluruh karyawan dan anggotanya. Apabila anda menjadi karyawan di perusahaan tersebut maka anda tidak boleh keluar seenaknya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *