Rumus Volume Prisma Tegak Dan Contoh Soal


Rumus Prisma – Mempelajari bidang datar bisa dibilang mudah. Karena rumusnya sendiri tergolong sederhana dan mudah untuk dipahami. Meski variasi soal bisa beragam, tetapi pada dasarnya rumus untuk mengerjakannya tetap sama saja.



Hanya saja jika menyinggung soal bidang ruang, bisa menjadi perkara tersendiri. Meski masih tetap mudah untuk dikerjakan, kita perlu menghafal rumus-rumus bangun ruang yang cukup beragam. Seperti rumus prisma misalnya. Untuk itu pada pembahasan kali ini kami ingin membahas lebih jauh mengenai rumus volume prisma.

jenis jenis prisma

Prisma menjadi salah satu bangun ruang yang sudah familiar bagi Anda. Akan tetapi mungkin tidak semua hafal rumusnya dan bagaimana cara mengerjakannya.Pada kesempatan ini kami akan menjabarkan lebih jauh seputar prisma. Tidak hanya sebatas mengetahui rumus volume prisma, kami juga akan menyertakan pengertian prisma supaya Anda lebih memahami apa itu prisma.

Begitu juga dengan sifat prisma yang patut untuk Anda ketahui. Seperti biasanya, kami juga akan memberikan beberapa contoh soal sederhana untuk memudahkan Anda dalam memahami bagaimana cara menghitung volume prisma. Kita awali terlebih dahulu dari pengertian prisma itu sendiri.

Baca juga: Rumus Limas Segitiga

Pengertian Prisma

Sebelum menyinggung soal rumus prisma, kita perlu mengetahui definisi prisma itu sendiri. Apa itu prisma? Prisma merupakan salah satu dari tujuh macamĀ  bangun ruang yang ada dalam matematika. Prisma adalah bangun ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi yang dibatasi dengan suatu alas atau tutup dengan bentuk tertentu.

Selain itu prisma juga bisa diartikan sebagai sebuah bangun ruang yang memiliki bidang alas dan bidang atas yang sejajar dan kongruen. Disebut sejajar dan kongruen lantaran sisi lainnya itu sebuah sisi yang tegak dan berbentuk persegi panjang atau jajar genjang.



Leave a Reply

Your email address will not be published.