Rumus Volume Limas Segi Empat Dan Segitiga


Volume Limas – Setelah mengetahui mengenai bidang datar, kita masuk ke pembahasan bangun ruang. Dalam matematika kita mengenal beberapa bangun ruang tiga dimensi. Seperti kubus, balok, limas, prisma dan lain sebagainya. Untuk kali ini kita akan bahas rumus volume limas.



Kita awali dari pengertian limas itu sendiri. Lalu ciri-ciri limas dan diteruskan ke macam-macam limas beserta definisinya. Kita juga akan bahas rumus volume limas. Seperti biasa, juga akan ada contoh soal yang akan memudahkan Anda untuk memahami bagaimana cara mencari volume limas.

jenis limas

Pengertian Limas

Limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak yang berbentuk segitiga. Dari definisi ini kita sudah bisa mengartikan secara singkat apa itu limas segitiga, pengertian limas segi empat, pengertian limas segi lima, pengertian limas segi enam maupun pengertian limas segi n (banyak). Sebab pada dasarnya semua jenis limas itu mempunyai definisi yang sama.

Baca juga: Rumus Volume Prisma Segitiga

Yaitu bangun ruang dengan alas segi n dan sisi tegak berupa segitiga. Akan tetapi agar mudah untuk dipahami nanti akan kami bahas satu per satu.

Ciri-Ciri Limas

Jika diamati, limas mempunyai beberapa ciri-ciri yang membuatnya berbeda dari bangun ruang lainnya. Hal ini penting untuk kita ketahui supaya lebih mudah untuk mendefinisikannya. Berikut adalah ciri-ciri limas.



  • Limas memiliki n + 1 sisi,
  • Memiliki 2n rusuk dan
  • Memiliki n + 1 titik sudut.

Contoh, suatu limas segitiga (n=3) akan mempunyai 4 sisi (n+1=3+1=4 sisi) ; 6 rusuk (2n = 2×3=6 rusuk); dan 4 titik sudut (n+1 = 3+1 = 4 titik sudut). Dengan kata lain apabila ada bangun ruang yang memiliki ciri-ciri berupa adanya 4 sisi, 6 rusuk dan 4 titik sudut maka bangun ruang tersebut adalah limas segitiga.

Di sisi lain ada limas yang istimewa. Limas ini memiliki alas berbentuk persegi. Kita biasa menyebutnya dengan nama piramida. Di samping itu bangun ruang yang mirip dengan bentuk limas adalah kerucut. Kerucut bisa disebut sebagai limas dengan alas berbentuk lingkaran.

Unsur-Unsur Limas

Limas mempunyai beberapa unsur. Setidaknya ada tujuh unsur limas, di antaranya:

  • Titik sudut ialah pertemuan 2 rusuk atau lebih.
  • Rusuk ialah garis yg merupakan perpotongan antara 2 sisi limas.
  • Bidang sisi ialah bidang yg terdiri dari bidang alas dan bidang sisi tegak.
  • Bidang alas ialah bidang yang merupakan alas dari suatu limas.
  • Bidang sisi tegak ialah bidang yag memotong bidang alas.
  • Titik puncak ialah titik yang merupakan titik persekutuan antara selimut-selimut limas.
  • Tinggi limas ialah jarak antara bidanng alas dan titik puncak.

Jaring-Jaring Limas

LImas apabila diiris sepanjang rusuk-rusuknya lalu dibentangkan hingga membentuk sebuah bidang datar disebut dengan istilah jaring-jaring limas. Berikut adalah gambarannya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.