Rumus Excel Vlookup Lengkap Semua Versi


Selain itu juga perlu dicatat bahwa argumen nomor kolom harus bernilai lebih dari nol. Apabila argumen NomorKolom kurang dari 1 (0 atau negatif), maka rumus akan menghasilkan #VALUE!. Jika NomorKolom lebih besar dari jumlah kolom dalam TabelReferensi, Vlookup mengembalikan nilai kesalahan #REF!. Supaya lebih jelas cermati gambar berikut.



Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Rumus

Ketika memakai rumus Vlookup dan kita ingin menari nilai teks di kolom pertama TabelReferensi, perlu dipastikan bahwa data di kolom pertama TabelReferensi tidak berisi spasi awal, spasi akhir, pemakaian tanda kutip maupun lengkung secara inkonsisten, atau karakter non cetak. Sebab hal tersebut bisa membuat hasil pengoperasian fungsi tidak tepat atau tidak diharapkan.

Saat menari nilai angka atau tanggal, perhatikan bahwa data di kolom pertama TabelReferensi tidak disimpan sebagai teks. Dalam kasus ini, kemungkinan pengoperasian Vlookup Excel juga akan menghasilkan nilai yang salah.

Ketika memutuskan untuk memakai fungsi ini, kita juga bisa memasukkan karakter wildcard pada nilai pencarian fungsi Vlookup apabila RangeLookup ‘False’ dan NilaiYangDicari adalah teks. Karakter wildcard tanda tanya (?) cocok dengan karakter tunggal apapun. Sementara tanda bintang (*) bisa dipakai untuk urutan karakter apapun. Perhatikan contoh vlookup berikut:



Leave a Reply

Your email address will not be published.