Rumus Excel Vlookup Lengkap Semua Versi




Rumus yang dipakai adalah:

=VLOOKUP(C9;A2:E7;2;FALSE)

Pada contoh pertama (tabel berwarna kuning) fungsi Vlookup mencari nilai dari sel C9 (3)  pada kolom Nomor. Angka 3 ditemukan pada baris keempat dari tabel data A2:E7. Sehingga hasilnya adalah nilai sel yang sebaris pada kolom kedua. Untuk rumus berikutnya hanya berbeda nomor kolom yang diambil, yaitu kolom nomor 3,4 dan 5.

Cermati contoh kedua pada tabel berwarna biru. Jika RangeLookup diatur ‘False’ dan data yang dicari tidak ditemukan, maka fungsi Vlookup akan menghasilkan nilai Error #NA.

=VLOOKUP(C15;A2:E7;2)



Rumus di atas dipakai untuk mencari nilai angka 7 (sel C15) pada kolom Nomor. Lantaran memakai RangeLookup ‘False’ dan data tidak ditemukan, maka hasil dari rumus di atas adalah #NA.

Apabila RangeLookup adalah ‘True’ atau dikosongkan, maka nilai-nilai kolom pertama TabelReferensi harus ditempatkan dalam urutan naik. Jika tidak Vlookup kemungkinan tidak menghasilkan nilai yang semestinya. Lihat contoh di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Rumus

Untuk rumus Vlookup Excel di atas memakai ‘True’ sebagai parameter Range Lookup. Dapat diketahui bahwa angka 6 tidak ditemukan pada kolom pertama. Sehingga fungsi Vlookup mengambil nilai yang mendekati nilai yang dicari. Kondisi serupa juga berlaku jika range lookup dikosongkan atau tidak diisi.

Yang perlu diperhatikan ketika memakai fungsi Vlookup adalah apabila nilai yang kita masukkan untuk argumen NilaiYangDicari lebih kecil dari nilai terkecil di kolom pertama argumen TabelReferensi. Rumus Vlookup nanti akan menghasilkan nilai kesalahan #N/A. Sebagai gambaran silakan lihat contoh di bawah ini.

Pada rumus Vlookup, argumen NilaiYangDicari bisa berupa teks, angka maupun nilai logika. Apabila bernilai teks, mka huruf besar dan huruf kecil akan dianggap sama.



Selain itu juga perlu dicatat bahwa argumen nomor kolom harus bernilai lebih dari nol. Apabila argumen NomorKolom kurang dari 1 (0 atau negatif), maka rumus akan menghasilkan #VALUE!. Jika NomorKolom lebih besar dari jumlah kolom dalam TabelReferensi, Vlookup mengembalikan nilai kesalahan #REF!. Supaya lebih jelas cermati gambar berikut.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Rumus

Ketika memakai rumus Vlookup dan kita ingin menari nilai teks di kolom pertama TabelReferensi, perlu dipastikan bahwa data di kolom pertama TabelReferensi tidak berisi spasi awal, spasi akhir, pemakaian tanda kutip maupun lengkung secara inkonsisten, atau karakter non cetak. Sebab hal tersebut bisa membuat hasil pengoperasian fungsi tidak tepat atau tidak diharapkan.

Saat menari nilai angka atau tanggal, perhatikan bahwa data di kolom pertama TabelReferensi tidak disimpan sebagai teks. Dalam kasus ini, kemungkinan pengoperasian Vlookup Excel juga akan menghasilkan nilai yang salah.





Leave a Reply

Your email address will not be published.