Cara Menghitung Tetesan Infus Dengan Tepat


Menghitung Tetesan Infus – Membahas mengenai cara menghitung tetesan infus, mungkin sebagian dari anda  banyak yang belum tahu. Namun jika ditanya siapa yang tidak mengenal infus? Pastinya semua orang sudah tahu yang namanya infus. Infus sendiri merupakan sebuah cairan yang berupa obat dan dimasukkan ke dalam tubuh seseorang yang sedang sakit. Infus akan dimasukkan ke dalam tubuh seseorang dengan menggunakan rute intravena. Infus mempunyai laju yang konstan dalam beberapa periode waktu yang tertentu. Lalu pasien atau orang dengan syarat yang bagaimana yang membutuhkan infus?



Yang perlu untuk diinfus adalah seorang pasien yang membutuhkan obat secara cepat dan orang yang sedang menjalani terapi yang mana ia akan sangat membutuhkan obat dalam bentuk cair dalam waktu yang perlahan namun terus menerus.

Kita tidak pernah tahu kapan dan berapa banyak jumlah pasien yang datang ke rumah sakit,ada saatnya tiba-tiba pasien menjadi lebih banyak atau memang telah terjadi bencana alam ataupun kecelakaan dan semua harus ditindak  lanjuti dengan infus, Namun akan sangat menghambat apabila kita lambat dalam menghitung tetesan  yang telah diresepkan dari dokter. Terutama yang sangat penting yaitu menjaga sirkulasi pasien agar tetap baik. Dalam situasi yang sibuk tentu kita tidak dapat lagi menghitung kebutuhan cairan yang manual dan sebagainya. Oleh karena itu tenaga medis khususnya para perawat sangat perlu perhitungan yang cepat diluar kepala.

Baca juga: Cara Mengukur Denyut Nadi

Begitu pun juga jika kehilangan cairan dalam tubuh, tindakan medis yang bisa dilakukan agar cairan tubuh yang hilang dapat diganti adalah dengan memberi cairan per infus dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit yang hilang. Dengan memakai rumus tetesan infus secara benar, tentunya kegagalan untuk memberi cairan tubuh dapat diatasi. Tenaga kesehatan harus paham bagaimana cara menghitung tetesan infus secara cepat dan tepat. Dalam menghitung cairan infus tidak  bisa asal-asalan, namun harus ada dasar yang digunakan untuk menghitung cairan yang  akan dimasukkan pada tubuh pasien.

Nah bagi Anda yang mungkin saja bekerja di bidang kesehatan pastinya Anda harus tahu informasi mengenai cara menghitung infus. Namun jika Anda masih bingung bagaimana caranya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa triknya untuk Anda. Berikut ini ulasan selengkapnya :

Kegagalan Dalam Pemberian Cairan Per infus

Cara menghitung tetesan infus yang salah dapat mengakibatkan kegagalan pada pemberian terapi cairan per infus. Penyebab kegagalan terjadi adalah :



  • Jarum tidak dapat masuk ke dalam vena (pembulu darah balik)
  • Jarum infus ataupun vena terjepit sebab posisi tempat jarum masuk pada kondisi menekuk
  • Pipa yang sebagai penghubung udara tidak dapat berfungsi
  • Pipa infus terlipat atau terjepit

Maka dari itu, saya akan membuat sedikit ringkasan untuk berbagi kepada  rekan-rekan dalam merawat pasien. Sebelum menginjak pada rumus-rumus, yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan dalam rumah sakit.

Istilah yang banyak digunakan untuk pemasangan infus :



Leave a Reply

Your email address will not be published.