Rumus Terbilang Excel Lengkap Semua Versi


Rumus Terbilang Microsoft Excel – Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara menggunakan rumus terbilang Excel yang mudah. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi kami akan memberikan tutorial dengan memakai plugins yang nantinya akan dipasang di Microsoft Excel.

Rumus Terbilang pada Microsoft Excel

Microsoft Excel sebenarnya mempunyai banyak rumus yang sudah tersedia secara default. Hanya saja tidak dengan rumus terbilang. Sehingga Anda harus menginstalnya terlebih dahulu sebelum bisa memakainya.

Rumus terbilang ini dimanfaatkan untuk mengubah angka menjadi huruf. Contohnya dari 100000 menjadi seratus ribu. Untuk melakukannya Anda bisa memakai sebuah Add-Ins. Hanya saja sebelumnya Anda perlu mematikan security macro. Supaya lebih jelas, berikut cara mengubah angka menjadi huruf pada Microsoft Excel.

Baca juga: Rumus Dasar Microsoft Excel

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah mematikan security macro. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Menu pada excel dan pilih Options.
  • Setelah jendela Excel Options muncul, klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings.
  • Kalian akan melihat Macro Settings. Klick Enable all macros dan OK 2 kali.

Selanjutnya, install Add-Ins Terbilang Excel. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Download terlebih dahulu add-ins pada tautan add-ins terbilang.xlam. Sesudah itu buka aplikasi Excel. Klik Menu File, lalu klik Options. Jendela Excel Options nantinya akan muncul. Selanjutnya klik Add-ins.

Tekan tombol Go dan jendela Add-ins akan muncul. Klik tombol Browse… untuk menambahkan add-ins yang sudah didownload.

Pilih file Add-ins yang tadi kita download. Jika sudah klik tombol OK.

Add-ins baru akan terinstal, klik atau berikan tanda ceklist, lalu tekan OK. Sekarang fungsi terbilang Excel sudah terpasang.

Untuk menggunakan rumus ini, caranya tidaklah rumit. Ketikkan angka berapapun di sebuah cell. Misalnya pada A1 dan kalimat terbilangnya di B1. Ketikkan angka pada A1, contohnya 1324567.

Lalu pada cell B1, ketikkan rumus =terbilang(A1) dan tekan tombol enter. Anda akan langsung mendapatkan kalimat bilangan “Satu juta tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh”.

Jika ingin menambahkan kata rupiah di belakangnya, tinggal tambahkan &“rupiah” di belakang rumus.

Anda juga bisa mengubah huruf dari kecil menjadi besar dengan menambahkan kata “UPPER” di bagian depan.

Di samping itu juga ada variasi lain seperti huruf kapital di setiap awal kata. Caranya dengan menambahkan rumus “PROPER” di bagian depan.

Baca juga: Rumus IF pada Excel

Pemakaian Add-ins terbilang pada Excel merupakan cara alternatif jika Anda belum terbiasa dengan pengoperasian visual basic application (vba). Sebab rumus tersebut terbilang panjang dan rumit lantaran Anda harus menyusun rumus sendiri.

Di samping itu penerapan script hanya dapat dipakai terbatas pada worksheet dimana Anda dapat meletakkan rumus itu. Sementara untuk model add-ins merupakan model yang tersedia dalam bentuk file yang dapat diunduh dan langsung diinstal.

Kapanpun Anda membuka Microsoft Excel dan memerlukan fungsi terbilang, pengerjaan bisa dilakukan secara otomatis tanpa perlu menyusun script lagi. Opsi ini merupakan pilihan yang tepat untuk mayoritas pengguna Excel, terlebih untuk Anda yang mengutamakan efisiensi waktu dan tenaga karena dikejar deadline.

Karena penggunaan Add-ins terbilang simpel, tidak perlu menulis atau copy paste script yang panjang dan rumit ketika ingin mengubah tulisan angka menjadi huruf. Sekian informasi di blog caramenghitung seputar rumus terbilang Microsoft Excel yang bisa kami sampaikan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *