Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola


Rumus Luas Permukaan Bola – Pada kesempatan kali ini kami akan kembali membahas rumus bangun ruang. Jika sebelumnya sudah diterangkan mengenai prisma dan limas, untuk materi ini kita akan bahas bersama mengenai volume dan permukaan bola.



Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan bangun ruang ini. Sebab kita bisa menjumpainya dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebuah bola, globe dan lain sebagainya. Walaupun merupakan bangun ruang yang familiar, apakah Anda sudah mengetahui apa itu bola?

rumus luas permukaan bola

Maka dari itu seperti biasanya pembahasan rumus bola kali ini kita awali dengan membahas definisi bola. Kemudian juga akan disertakan pembahasan mengenai unsur-unsur dalam bola, bagaimana sifatnya, rumus volume dan permukaan bola serta contoh soal. Jika hanya membahas rumus saja tanpa menjelaskan apa itu bola dan bagaimana cara mengerjakannya dengan contoh Anda bisa saja kebingungan.

Untuk itu akan kami sampaikan satu per satu. Kita mulai dari pengertian bola.

Baca juga: Cara Menghitung Logaritma



Pengertian Bola

Bola adalah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang dibentuk oleh lingkaran yang berjari-jari sama panjang dan berpusat hanya pada 1 titik yang sama. Kita bisa menjumpai bentuk ini dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bola sepak, bola basket, bola voly, buah jeruk, semangka, permen coklat dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, bola termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung. Bentuk bola itu sebenarnya merupakan bangun ruang yang dibentuk dari lingkaran yang diputar kembali ke posisinya.

Sifat Bola

Sama seperti bangun ruang lainnya, bola juga memiliki beberapa sifat. Beberapa sifat dari bola adalah:

  1. Bola hanya memiliki 1 buah bidang sisi saja
  2. Bola tidak mempunyai sudut dan tidak memiliki rusuk
  3. Bola hanya mempunyai satu sisi lengkung tertutup
  4. Bola tidak memiliki bidang yang datar

Unsur-Unsur Bola

Selain memiliki beberapa sifat, bola juga mempunyai beberapa unsur. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang bisa Anda ketahui.

Jari–jari

Jari jari atau bisa dilambangkan (r), yaitu jarak dari titik pusat bola ke titik lain di bagian luar bola.

Diameter

Pengertian dari diameter iyalah jarak antara 2 titik terluar bola yang melewati titik pusat bola lalu panjang dari diameter sendiri yaitu 2 kali panjang jari – jari nya.

Sisi

Pengertian dari sisi yaitu kumpulan titik–titik yang berjarak sama terhadap  titik pusat.



Rumus Luas Permukaan Bola

Untuk mencari luas permukaan bola, kita bisa memanfaatkan rumus tertentu. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

L = 4 x π x r²

Keterangan:



L = luas permukaan bola.

r = jari-jari bola.

π = 22/7 atau 3,14.

Rumus Volume Bola

Selain mengetahui bagaimana cara menghitung luas permukaan bola, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menghitung volume bola. Rumus volume bola tidak terlalu sulit, sebab tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memahaminya. Berikut adalah rumus mencari volume bola.



Leave a Reply

Your email address will not be published.