Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola


Rumus Luas Permukaan Bola – Pada kesempatan kali ini kami akan kembali membahas rumus bangun ruang. Jika sebelumnya sudah diterangkan mengenai prisma dan limas, untuk materi ini kita akan bahas bersama mengenai volume dan permukaan bola.

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan bangun ruang ini. Sebab kita bisa menjumpainya dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebuah bola, globe dan lain sebagainya. Walaupun merupakan bangun ruang yang familiar, apakah Anda sudah mengetahui apa itu bola?

rumus luas permukaan bola

Maka dari itu seperti biasanya pembahasan rumus bola kali ini kita awali dengan membahas definisi bola. Kemudian juga akan disertakan pembahasan mengenai unsur-unsur dalam bola, bagaimana sifatnya, rumus volume dan permukaan bola serta contoh soal. Jika hanya membahas rumus saja tanpa menjelaskan apa itu bola dan bagaimana cara mengerjakannya dengan contoh Anda bisa saja kebingungan.

Untuk itu akan kami sampaikan satu per satu. Kita mulai dari pengertian bola.

Baca juga: Cara Menghitung Logaritma

Pengertian Bola

Bola adalah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang dibentuk oleh lingkaran yang berjari-jari sama panjang dan berpusat hanya pada 1 titik yang sama. Kita bisa menjumpai bentuk ini dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bola sepak, bola basket, bola voly, buah jeruk, semangka, permen coklat dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, bola termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung. Bentuk bola itu sebenarnya merupakan bangun ruang yang dibentuk dari lingkaran yang diputar kembali ke posisinya.

Sifat Bola

Sama seperti bangun ruang lainnya, bola juga memiliki beberapa sifat. Beberapa sifat dari bola adalah:

  1. Bola hanya memiliki 1 buah bidang sisi saja
  2. Bola tidak mempunyai sudut dan tidak memiliki rusuk
  3. Bola hanya mempunyai satu sisi lengkung tertutup
  4. Bola tidak memiliki bidang yang datar

Unsur-Unsur Bola

Selain memiliki beberapa sifat, bola juga mempunyai beberapa unsur. Berikut adalah penjelasan selengkapnya yang bisa Anda ketahui.

Jari–jari

Jari jari atau bisa dilambangkan (r), yaitu jarak dari titik pusat bola ke titik lain di bagian luar bola.

Diameter

Pengertian dari diameter iyalah jarak antara 2 titik terluar bola yang melewati titik pusat bola lalu panjang dari diameter sendiri yaitu 2 kali panjang jari – jari nya.

Sisi

Pengertian dari sisi yaitu kumpulan titik–titik yang berjarak sama terhadap  titik pusat.

Rumus Luas Permukaan Bola

Untuk mencari luas permukaan bola, kita bisa memanfaatkan rumus tertentu. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

L = 4 x π x r²

Keterangan:

L = luas permukaan bola.

r = jari-jari bola.

π = 22/7 atau 3,14.

Rumus Volume Bola

Selain mengetahui bagaimana cara menghitung luas permukaan bola, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menghitung volume bola. Rumus volume bola tidak terlalu sulit, sebab tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memahaminya. Berikut adalah rumus mencari volume bola.

V = 4/3.π.r³

Keterangan:

V = volume bola.

r = jari-jari bola.

π = 22/7 atau 3,14

Untuk dicatat, simbol π atau biasa dibaca pi merupakan simbol tak terpisahkan jika kita bersinggungan dengan lingkaran ataupun bola. Pi ini sendiri bisa berupa dua bilangan, yakni 22/7 atau 3,14. Jika misalnya dalam mengerjakan suatu soal angka tersebut bisa dibagi dengan 7, maka kita bisa memakai 22/7. Jika tidak, maka kita bisa memakai opsi 3,14. Keduanya akan menghasilkan hasil yang sama.

Seperti yang bisa Anda lihat, mencari permukaan bola maupun volume bola sebenarnya tidak sulit. Akan tetapi biasanya jika hanya ada rumus saja tanpa contoh soal dan bagaimana cara mengerjakannya kita sulit untuk memahaminya. Akan tetapi tenang saja, kami juga berikan contoh soal beserta bagaimana cara mengerjakannya. Anda bisa memahami bagaimana cara mencari volume dan permukaan bola.

Contoh Soal

1.) Jika di ketahui jari – jari sebuah bola kaki ialah 7 cm, jika π = 22/7 maka berapakah volume dari bola kaki tersebut?

Jawaban :

Rumus Volume = 4/3 π x r³

  • = 4/3 x 22/7 x 7³
  • = 4/3 x 22/7 x 343
  • = 1437.3 cm³.

Jadi volume dari bola kaki adalah 1437.3 cm³.

2.) Diketahui sebuah bola dengan jari-jari 7 cm. Maka tentukan luas dari permukaan bola tersebut.

Penyelesaian:

Gunakan rumus untuk mencari luas permukaan bola tersebut, maka:

  1. Bola = 4πr2
  2. Bola = 4 . (22/7) . 72
  3. Bola = 616

Jadi, luas permukaan bola tersebut ialah 616 cm2.

3.) Sebuah bola basket mempunyai diameter 24cm. Maka berapakah volume udara yang ada di dalam bola tersebut?

Jawaban:

Karena yang diketahui ialah diameter maka kita ubah dulu menjadi jari-jari. karena jari-jari adalah 1/2 dari diameter maka bila diameternya 24cm jari-jarinya adalah 12 cm. baru kita masukkan ke dalam rumus:

  • V = 4/3 π x r³
  • V = 4/3 x 22/7 x 12³
  • V = 4/3 x 22/7 x 1728
  • V = 7234,56 cm³

Maka jumlah volume udara yang ada di dalam bola basket itu adalah 7234,56 cm³.

4.) Diketahui luas permukaan sebuah bola 154 cm2, Maka tentukan panjang jari-jari bola tersebut.

Penyelesaian:

Gunakan rumus luas permukaan bola untuk mencari panjang jari-jari bola tersebut, maka:

Luas Bola = 4πr2

154 = 4 . (22/7) . r2

154 = (88/7) . r2

1078 = 88r2

r2 = 1078/88

r2 = 12,25

r = √(12,25)

r = 3,5

Jadi, panjang jari-jari bola tersebut ialah 3,5 cm.

5.) Sebuah bola karet dipompa sampai memiliki diameter luar 28 cm. Hitung luas permukaan bola karet tersebut. (Rumus luas permukaan bola = 4.π.r2 ).

Jawab:

Jari-jari bola:  r = 28/2 =14 cm.

luas permukaan bola karet = 4 x π x 14 x 14 = (4)(22/7)(196) = 2.464 cm2

Baca juga: Cara Menghitung Volume Kerucut

Sekian pembahasan yang bisa kami berikan kepada Anda terkait rumus volume dan permukaan bola. Perlu dicatat, soal ini tidak hanya sebatas contoh di atas saja. Sebenarnya masih banyak variasi soal yang berkaitan dengan bola.

Untuk itu jangan terpaku pada lima contoh soal di atas. Anda bisa mencari contoh soal lainnya dari internet ataupun buku penunjang. Jangan hanya membacanya saja, namun juga coba praktekkan bagaimana cara menghitungnya. Pahami betul-betul bagaimana rumus dan cara mengerjakannya.

Meskipun terlihat sepele, biasanya kita akan lupa rumus matematika tersebut seiring berjalannya waktu. Padahal bukan tidak mungkin nantinya kita akan berhadapan dengan soal-soal semacam ini. Entah saat masuk perguruan tinggi, seleksi kerja, seleksi CPNS dan lain sebagainya.

Di sisi lain tidak ada salahnya jika saat senggang kita berlatih mengerjakan beberapa soal matematika untuk mengasah ingatan. Selain supaya kita selalu ingat bagaimana cara menghitungnya, kebiasaan ini akan berdampak positif pada otak kita karena terbiasa dipakai untuk menghitung. Waktu senggang kita juga menjadi tidak percuma, bukan?

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga materi mencari volume bola dan permukaan bola di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Terutama untuk adik-adik yang duduk di bangku sekolah dan sedang bingung dalam memahami materi mengenai rumus bola.

Advertisement

Leave a Comment