Rumus Pembulatan Dan Penaksiran Kelas 4 SD


Rumus Pembulatan Ke Atas Dan Ke Bawah – Pada materi kali ini kami akan memberikan bahasan khusus untuk kelas 4 SD. Materi yang akan kita bahas pada artikel ini adalah pembulatan dan penaksiran. Materi ini tidak sulit, namun cukup sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.



Misalnya saat mengira-ngira harga suatu barang, atau mengira-ngira hasil dari pembagian suatu bilangan. Proses mengira-ngira ini disebut sebagai penafsiran dalam pelajaran matematika. Dalam materi ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai penaksiran dan pembulatan. Sehingga cocok dengan anak kelas 4 SD.

pembulatan penaksiran matematika (ilustrasi)

Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Pembulatan

Dalam materi pembulatan, ada aturan tersendiri saat kita ingin membulatkan suatu bilangan. Berikut adalah ketentuan-ketentuan tersebut beserta penjelasan dan contohnya.

Pembulatan Menuju Puluhan Terdekat

Angka satuan yang kurang dari 5 dibulatkan ke bawah. Sedangkan angka satuan yang lebih dari atau sama dengan 5 maka dibulatkan ke atas. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Angka 68 dibulatkan menjadi 70 (karena posisi satuan 8  nilainya lebih dari 5)
  • Angka 43 dibulatkan menjadi 40 (karena posisi satuan 3 nilainya kurang dari 5)

Pembulatan Menuju Ratusan Terdekat

Angka puluhan yang nilainya kurang dari 50 dibulatkan ke bawah. Sementara angka puluhan dengan nilai sama dengan atau lebih dari 5 dibulatkan ke atas. Contoh:

  • Angka 149 dibulatkan menjadi 100 (karena 49 kurang dari 50)
  • Angka 562 dibulatkan menjadi 600 (karena 62 lebih dari 50)

Pembulatan Menuju Ribuan Terdekat

Sama seperti ketentuan di atas, untuk ribuan, angka ratusan yang nilainya kurang dari 500 dibulatkan ke bawah. Lalu angka ratusan yang lebih atau sama dengan 500 dibulatkan ke atas. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.



1678 dibulatkan menjadi 2000 (karena 678 lebih dari 500)

1328 dibulatkan menjadi 1000 (karena 328 kurang dari 500)

Penaksiran

Setelah membahas mengenai pembulatan, kini kita bahas mengenai penaksiran. Penaksiran adalah perkiraan yang dilakukan untuk hasil dari sebuah operasi hitung. Jika ingin melakukan penaksiran, kita perlu memakai aturan-aturan rumus pembulatan sehingga hasilnya bisa mendekati hasil operasi hitung yang sebenarnya.

Menaksir operasi hitung adalah melakukan penaksiran terhadap operasi hitung. Operasi hitung bisa berarti penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian. Melakukan penaksiran adalah melakukan perkiraan. Sehingga menaksir juga bisa diartikan sebagai mengira, memperkirakan atau mengira-ngira. Sebagai gambaran, kami akan memberikan beberapa contoh terkait penaksiran.

Menaksir Penjumlahan dalam Puluhan Terdekat

93 + 28 = ….

  • Taksiran rendah = 90 + 20 = 110
  • Taksiran tinggi = 100 + 30 = 130
  • Taksiran terdekat = 90 + 30 = 120

Menaksir Penjumlahan pada Ratusan Terdekat

574 + 339 = ….



Leave a Reply

Your email address will not be published.