Rumus Pembulatan Dan Penaksiran Kelas 4 SD


Rumus Pembulatan Ke Atas Dan Ke Bawah – Pada materi kali ini kami akan memberikan bahasan khusus untuk kelas 4 SD. Materi yang akan kita bahas pada artikel ini adalah pembulatan dan penaksiran. Materi ini tidak sulit, namun cukup sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.



Misalnya saat mengira-ngira harga suatu barang, atau mengira-ngira hasil dari pembagian suatu bilangan. Proses mengira-ngira ini disebut sebagai penafsiran dalam pelajaran matematika. Dalam materi ini akan dijelaskan secara sederhana mengenai penaksiran dan pembulatan. Sehingga cocok dengan anak kelas 4 SD.

pembulatan penaksiran matematika (ilustrasi)

Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Pembulatan

Dalam materi pembulatan, ada aturan tersendiri saat kita ingin membulatkan suatu bilangan. Berikut adalah ketentuan-ketentuan tersebut beserta penjelasan dan contohnya.

Pembulatan Menuju Puluhan Terdekat

Angka satuan yang kurang dari 5 dibulatkan ke bawah. Sedangkan angka satuan yang lebih dari atau sama dengan 5 maka dibulatkan ke atas. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Angka 68 dibulatkan menjadi 70 (karena posisi satuan 8  nilainya lebih dari 5)
  • Angka 43 dibulatkan menjadi 40 (karena posisi satuan 3 nilainya kurang dari 5)

Pembulatan Menuju Ratusan Terdekat

Angka puluhan yang nilainya kurang dari 50 dibulatkan ke bawah. Sementara angka puluhan dengan nilai sama dengan atau lebih dari 5 dibulatkan ke atas. Contoh:



Leave a Reply

Your email address will not be published.