Rumus Identitas Trigonometri Dan Contoh Soal


Ada trik atau ‘jembatan keledai’ yang bisa dipakai untuk mengingat persamaan fungsi trigonometri. Trik tersebut berbunyi sindemi cossami tandesa. Penjabarannya adalah sebagai berikut.



Di samping tiga sudut utama pada fungsi trigonometri di atas, juga terdapat fungsi kebalikannya. Yakni fungsi coses, sec, dan cotan. Untuk persamaan identitas fungsi trigonometrinya bisa dilihat di bawah ini.

Dalam trigonometri ada sudut istimewa yang sering dipakai dalam pembahasan trigonometri di sekolah. Besar sudut istimewa tersebut 0°, 30°, 45°, 60° dan 90°. Di samping itu juga ada sudut istimewa lain, sebab grafik trigonometri bersifat periodik. Nilai bear sudut dari lima sudut istimewa pada segitiga bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Rumus berikut bisa dimanfaatkan untuk mencari besar nilai fungsi trigonometri yang memiliki hubungan dengan sudut istimewa yang diberikan di atas. Berikut adalah relasi sudut fungsi trigonometri.

Supaya lebih jelas mengenai penggunaan relasi sudut fungsi trigonometri, kami akan memberikan contoh soal. Kita akan menentukan nilai sudut sin 225°.

Sin 225° = – Sin (180° + 45°)

Sin 225° = – Sin 45°