Rumus Keliling Dan Luas Bangun Datar


Rumus Bangun Datar – Matematika mempunyai banyak sekali materi yang bisa dipelajari. Salah satu yang sudah cukup familiar adalah menghitung luas ataupun keliling bangun datar. Sebelum masuk ke pembahasan rumus bangun datar, alangkah baiknya kita menyinggung apa itu bangun datar.

Menurut Imam Roji, bangun datar adalah suatu bagian dari bidang datar yang telah dibatasi oleh garis-garis lurus maupun lengkung sehingga bisa disimpulkan bahwa bangun datar ini merupakan bangun 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar dan telah dibatasi oleh garis lengkung dan garis lurus.

Bangun datar dua dimensi pada matematika secara umum terbagi menjadi delapan. Di antaranya bangun datar persegi, bangun datar persegi panjang, bangun datar trapesium, bangun datar layang-layang, bangun datar belah ketupat, bangun datar lingkaran, bangun datar jajar genjang dan bangun datar segitiga.

Masing-masing bangun datar ini mempunyai sifat yang tak sama. Begitu juga dengan rumusnya. Soal bangun datar sebenarnya juga menyinggung soal sifat bangun datar. Akan tetapi pada kesempatan ini kami akan membahas soal rumus bangun datar saja.

Meskipun menjadi pelajaran dasar, materi mengenai rumus bangun datar matematika juga tetap penting untuk disampaikan. Karena bab ini akan terus diajarkan hingga anak cucu kita nanti. Biasanya dalam ujian nasional juga memuat soal tentang bangun datar, dengan kasus yang berbeda atau lebih rumit. Bahkan dalam beberapa tes kerja soal bangun datar juga disertakan.

Maka dari itu materi ini tidak hanya penting untuk anak yang duduk di bangku sekolah dasar saja, namun juga untuk kita yang sudah dewasa. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Rumus Bangun Datar Matematika

Seperti yang disinggung di atas, bangun datar terbagi menjadi beberapa macam. Di bawah ini akan dijelaskan kumpulan rumus rumus bangun datar dua dimensi, baik luas maupun kelilingnya. Kita mulai dari rumus keliling dan luas persegi, dilanjutkan bangun datar persegi panjang, bangun datar trapesium, bangun datar layang-layang, bangun datar belah ketupat, bangun datar lingkaran, bangun datar jajar genjang dan bangun datar segitiga.

Rumus Persegi

Bangun datar persegi merupakan persegi panjang yang semua sisinya memiliki panjang yang sama. Berikut adalah rumus luas dan keliling persegi:

Rumus Luas Persegi = s x s (s²)

Rumus Keliling Persegi = 4 x s (s adalah sisi)

Rumus Persegi Panjang

Persegi panjang mirip dengan persegi. Lebih jelasnya persegi panjang adalah suatu bangun datar yang mempunyai sisi saling berhadapan yang sama panjangnya dan memiliki 4 buah titik sudut siku-siku. Rumus luas dan keliling persegi panjang berbeda dengan persegi. Berikut rumusnya:

Rumus Luas Persegi Panjang = P x L

Rumus Keliling Persegi Panjang = 2 x (P+L)

Keterangan: P (panjang), L (lebar)

Rumus Jajar Genjang

Jajar genjang adalah bangun segi empat yang memiliki sisi sepasang-pasang yang sama panjangnya dan sejajar. Rumus luas dan keliling jajar genjang adalah:

Rumus Luas Jajar Genjang = a x t

Keterangan: a (alas) dan t (tinggi).

Rumus Keliling Jajar Genjang = AB + BC + CD + AD

Baca juga: Rumus Rumus Trapesium

Rumus Trapesium

Selanjutnya, trapesium merupakan bangun segi empat yang memiliki sepasang sisi yang sejajar. Rumus keliling dan luas trapesium adalah sebagai berikut:

Rumus Luas Trapesium = ½ x jumlah sisi sejajar x tinggi

Rumus Keliling Trapesium = AB + BC + CD + DA

bangun datar

Rumus Layang-Layang

Layang-layang adalah bangun datar berbentuk segi empat yang salah satu diagonalnya dapat memotong tegak lurus dengan sumbu diagonal lainnya. Untuk rumus luas dan keliling layang-layang adalah:

Rumus Luas Layang – Layang = ½ x d1 x d2

Keterangan: d adalah diagonal

Rumus Keliling Layang – Layang = 2 x (AB + BC)

Rumus Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang terbentuk oleh 3 titik, dimana titik-titik tersebut tidak segaris. Rumus luas dan keliling segitiga bisa Anda simak di bawah ini:

Rumus Luas Segitiga = ½ x a x t

Keterangan: a (alas) dan t (tinggi)

Rumus Keliling Segitiga = AB + BC + AC

Baca juga: Rumus Rumus Segitiga

Rumus Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan bangun datar segi empat yang setiap sisinya sama panjang dan kedua diagonal belah ketupat saling berpotongan tegak lurus. Rumus keliling dan luas belah ketupat adalah:

Rumus Luas Belah Ketupat = ½ x di x d2

Rumus Keliling Belah Ketupat = 4 x s

Keterangan: d (diagonal), s (sisi).

Rumus Lingkaran

Anda tentunya sudah familiar dengan bangun datar ini. Lingkaran merupakan bangun datar yang terbentuk dari himpunan-himpunan, yang semua titiknya mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. Jarak tersebut biasanya dilambangkan dengan r (Radius) atau juga sering disebut dengan istilah jari-jari. Rumus luas lingkaran dan keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Rumus Luas Lingkaran = π x r² (π : 22/7 atau 3.14 dan r : jari – jari)

Rumus Keliling Lingkaran = π x d (π : 22/7 atau 3.14 dan d : diameter)

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai rumus bangun datar dalam matematika. Seperti yang diketahui, bangun datar dalam matematika ada cukup banyak. Mulai dari persegi, persegi panjang, trapesium, hingga lingkaran. Masing-masing bangun datar ini memiliki bentuk yang berbeda dengan ciri khas tertentu. Rumus keliling dan luas masing-masing bangun datar ini juga berbeda.

Meskipun sepele, bukan tidak mungkin kita bisa lupa dengan rumus bangun datar di atas. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa membuat Anda kembali mengingat-ingat rumus bangun datar yang dulu pernah Anda terima saat sekolah dasar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *