Pengertian Teks Eksposisi, Struktur Dan Kaidah Kebahasaan


Ini masih di negara kita, coba banyak yang apa yang terjadi di negara industri? Negara industri pasti memiliki pabrik yang lebih banyak. Coba bayangkan, sebanyak apa kira-kira gas karbondioksida yang berasal dari kegiatan tersebut. Negara-negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan akibat aktivitas dari pabrik-pabrik.



Parahnya lagi, hutan-hutan di dunia yang seharusnya dapat sedikit membantu mengurangi gas karbondioksida yang akan di bumi tidak dapat menjalankan perannya dengan baik. Hal tersebut karena banyak pohon di hutan yang ditebang. Selain penebangan pohon di hutan, beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, yaitu pengalihan fungsi hutan, dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung dialih fungsikan menjadi hutan konservasi. Hal tersebut tentu saja dapat memperburuk keadaan bumi.

Penegasan ulang:

Pemanasan global yang sedang melanda bumi beberapa tahun ke belakang semakin parah. Hal ini disebabkan karena banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga menimbulkan asap an juga karena asap dari kendaraan bermotor. Keadaan ini diperparah dengan keadaan hutan yang seharusnya dapat berperan dalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang. Selain penebangan hutan, alihfungsi hutan juga dapat menyebabkan hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan dari hutan lindung menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak terjadi terutama di negara Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis:

Pemerintah berniat menumbuhkan perokonomian masyarakat. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang diprediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalkan saja yang pembangunan pemerintah yang sangat kontroversial baru-baru ini, yaitu pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pembangunan tersebut tentu saja sangat paradoks, apabila memang bandara tersebut di bangun dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, tentu saja pemerintah tidak akan membiarkan Bandara dibangun di atas lahan milik warga sekitar.

Argumentasi:

Pembangunan merupakan hal yang direncanakan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Banyak sekali cara yang coba dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu cara yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu melakukan pembangunan untuk melancarkan distribusi atau yang lainnya. Namun pembangunan yang dilakukan masyarakat seharusnya tetap memperhatian banyak hal, karena terkadang pembangunan tersebut dilaksanakan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang sifatnya lebih urgent.

Baru-baru ini kasus yang sempat menjadi trending adalah pembangunan Bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pemerintah berniat membangun bandara baru di Kulon Progo yang berada tepat di atas lahan miliki masyarakat. Hal tersebut seketika menimbulkan reaksi penolakan dari masyarakat. Karena lahan tersebut merupakan lahan yang yang digunakan masyarakat untuk menyambung hidupnya.

Jika kita lihat sekilas tidak ada yang salah dari sebuah pembangunan, namun bagaimana apabila pembangunan tersebut dilaksanakan tepat di atas tempat hidup masyarakat atau misalkan saja di atas sawah milik masyarakat. Sawah tersebut merupakan lahan yang digunakan untuk masyarakat sebagai mata pencarian. Bandara tersebut akan dibangun di atas lahan yang digunakan sebagai lahan hidup masyarakat.

Hal tersebut tentu saja paradoks, apabila memang bandara dibangun untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat atau untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, mereka tidak akan membangun bandara tersebut di atas lahan yang menjadi penghidupan masyarakat selama bertahun-tahun. Hal tersebut tentu saja tidak akan menumbuhkan perekonomian di masyarakat, namun akan mencerabut mata pencarian masyarakat di sekitar.

Terkadang pemerintah mengabaikan hal-hal tersebut. Bukankah tujuan awalnya untuk mensejahterakan masyarakat? Atau memang sebanarnya tujuannya bukan itu. Demi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat hanya digunakan sebagi dalih untuk mensukeskan proyek di belakang yang tidak diketahui banyak orang.

Bahkan hal ini tidak terjadi sekali atau dua kali, namun berulang kali. Di banyak tempat di Indonesia, seperti reklamasi pantai untuk pembangunan jalan tol di Teluk Benoa (Bali), reklamasi pantai di pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di pegunungan Kendeng, perusakan hutan adat di Merauke, dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan beberapa contoh janji dari pemerintah terkait menumbuhkan ekonomi justru malam meminggirkan masyarakat sekitar.

Penegasan ulang:

Pemerintah melaksanakan berbagai macam pembangunan di masyarakat yang katanya bertujuan demi kesejahteraan masyarakat. Namun pembangunan tersebut seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan banyak hal. Bahkan masyarakatnya sendiri yang kadang diabaikan. Pembangunan yang katanya untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat tersebut, seringkali bahkan menyingkirkan masyarakat dari tempat tinggalnya sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis:

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tubuh akan segar dan bugar kembali apabila seseorang sering melakukan olahraga. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seseorang apabila melakukan olahraga, apakah jantungnya dapat mampu dia ajak berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Karena, kondisi setiap orang itu berbeda-beda ada yang jantungnya kurang kuat ada pula yang kuat karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.