Pengertian Teks Eksposisi, Struktur Dan Kaidah Kebahasaan


Pengertian Eksposisi – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang contoh teks eksposisi. Teks eksposisi sendiri amat berkaitan dengan pelajaran bahasa Indonesia, jadi bagi kalian yang menyukai bahasa anda harus menyimak sampai akhir pembahasan. Karena tesk eksposisi merupakan susuan dari berbagai macam teks seperti teks narasi, teks deskripsi, teks prosedur dan lainnya.



Untuk bisa membuat dan menyusun teks eksposisi maka kita juga haru tahu dan seluk beluknya. Ini dikarenakan teks eksposisi memiliki karakter tertentu, struktur kalimat penyusun, jenis, dan unsur kebahasaaan. Oleh karena itu, pada akhir pembahasan ini kami telah menyediakan berbagai macam contoh teks eksposisi supaya lebih mudah dalam mempelajari tentang jenis teks yang satu ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Ekposisi merupakan sebuah paragraf atau karangan yang didalamya berisi informasi untuk menjelaskan dan menguraikan suatu pokok permasalahan yang dapat digunakan untuk memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang sudah membaca uraian tersebut, pastinya dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Untuk lebih memahami tentang teks eksposisi, berikut ini ada beberapa ciri teks eksposisi yang perlu anda ketahui :

  • Teks eskposisi ditulis berdasarkan fakta atau fenomena yang masih dapat dijelaskan dengan logika ataupun penalaran,
  • Bahasa yang dipakai dalam teks eskposisi merupakan bahaya yang informative,
  • Penyampaian yang telah diberikan pada isinya ditulis secara jelas, lugas, dan menggunakan bahasa yang baku,
  • Informasi-informasi yang dijelaskan memiliki dasar ilmu pengetahuan yang jelas,
  • Tulisan bersifat objektif atau netral, ini berarti tidak memihak siapapun tentang apa yang telah apa yang telah ditulis. Dan tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Penjelasan yang disampaikan disertai dengan data-data yang dapat dipertanggungjawabkan dan akurat
  • Teks eksposisi menyajikan sebuah fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Dengan ciri-ciri yang ada diatas barulah bisa anda jadikan sebagai teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam menulis atau menyusun teks eksposisi tidak bisa sembarangan, ada beberapa struktur yang harus dipenuhi, diantaranya :



  • Tesis Atau Pernyataan Pendapat

Bagian awal yang tertulis pada teks eksposisi adalah sebuah tesis yang memuat pandangan atau sebuah prediksi dari penulis. Atau bisa juga Tesis yang telah tertulis merupakan suatu bagian yang memiliki isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap setiap masalah yang akan dibahas topiknya.

Sebuah tesis pasti berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan didukung dengan argumen. Pada umumnya tesis terletak di awal teks eksposisi, meskipun ada kemungkinan kita bisa menjumpainya di bagian akhir.

  • Argumentasi

Struktur kedua yang menyusun teks eksposisi adalah argumentasi. Argumentasi yang dipakai dalam teks eksposisi terdiri dari kalimat-kalimat yang memuat argumen pendukung tesis yang telah disampaikan oleh penulis pada bagian penduhuluan.

Ciri-ciri argumentasi yang baik adalah hanya mengungkapkan satu sisi argumentasi saja. Berisi sebuah argumen dan penjelasan untuk dapat mendukung sebuah pandangan atau perkiraan dalam tesis yang telah ditulis, disertai dengan bukti pendukung dan hasil data yang sudah dicapai.

Namun pada prakteknya, sebuah argumentasi ternyata juga bisa digunakan untuk menyanggah dan bahkan menolah pernyataan dari pihak lain.



Leave a Reply

Your email address will not be published.