Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Strukturnya




Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Pernyataan Umum (Pembuka)

Pelangi atau Rainbow merupakan suatu peristiwa optik dan meteorologi berupa cahaya warna-warni paralel satu sama lain di langit atau media yang lainnya. Di langit, pelangi akan terlihat sebagai busur dengan bagian ujungnya mengarah ke cakrawala ketika hujan ringan. Pelangi juga bisa kita lihat di sekitar air terjun.

Deretan Penjelas (Isi)

Pelangi bisa terbentuk karena adanya empat siklus, yaitu Pembiasan Sinar Matahari. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar atau cahaya matahari yang dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.

Sinar matahari akan melewati tetesan air. Ketika sinar matahari melewati tetesan air maka cahaya ini akan dibengkok sehingga warna-warna tersebut akan berpisah dengan sendirinya.

Pembelokkan cahaya. Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan membuat warna pelangi tampak indah.

Terbentuklah warna pelangi. Warna pelangi yang dibelokkan pertama kali adalah warna ungu. Sementara warna terakhir yang dibelokkan adalah warna merah kemudian akan menyusul warna pelangi yang lainnya seperti jingga, kuning, hijau, biru dan nila maka kita bisa melihat warna pelangi secara utuh yang diakibatkan geometri optik dalam proses penguraian warna.

Penutup (Interpretasi)

Pelangi hanya bisa kita lihat ketika hujan bersamaan dengan matahari bersinar, namun dari sisi yang akan berlawanan dengan posisi kita. Posisi kita harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari yang berada di belakang kita. Mata kita dan juga pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis yang lurus.