Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Strukturnya


Teks Eksplanasi Adalah – Kita tentunya sudah sering membaca artikel di media online seperti di internet ataupun media cetak di koran tentang fenomena alam, petunjukan budaya ataupun berita tentang sesuatu oleh para ilmuan. Ini merupakan salah satu contoh teks eksplanasi.



Apabila anda ingin tahu cara membuatnya? Kami akan mengulasnya secara lengkap dalam artikel ini. Namun sebelum itu kita akan bahas terlebih dahulu tentang teks eksplanasi mulai dari pengertian, tujuan, kaidah kebahasaan dan strukturnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses “bagaimana” dan “mengapa” tentang suatu topik yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kejadian-kejadian tersebut selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan juga ada proses di dalamnya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca supaya memahami tentang suatu peristiwa yang sedang terjadi.



Struktur Teks Ekplanasi

Untuk mempermudah anda dalam menyusun teks eksplanasi, maka kita harus memahami struktur-struktur yang menjadi pembanggunnya. Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

  • Bagian Pembuka Contoh Teks Eksplanasi

Bagian ini berisi tentang penyataan umum si penulis tentang topik yang dihadirkan, yaitu mengulas tentang dimana terjadinya dan bagaimana proses terjadinya peristiwa.

  • Bagian Isi Contoh Teks Eksplanasi

Pada bagian ini berisi tentang urutan sebab akibat, penjelasan dari topik yang diangkat secara rinci dan disuguhkan secara bertahap mulai dari awal hingga akhir.

  • Bagian Penutup Contoh Teks Eksplanasi

Bagian penutup adalah bagian yang berisi interpretasi atau kesimpulan dari suluruh teks dari topik yang di angkat.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki beberapa kaidah kebahasaan yang dapat membedakannya dengan jenis teks pada umumnya. Kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah sebagai berikut :



  • Memuat informasi berdasarkan fakta
  • Mengulas informasi yang bersifat ilmiah
  • Bersifat informatif dan tidak mempengaruhi para pembaca untuk mempercayainya
  • Adanya sequence markers seperti pertama, selanjutnya, terakhir atau pertama, kedua, ketiga, dan lain sebagainya
  • Lebih fokus pada hal umum (generic) buka patisipan manusia (nonhuman participan) seperti misalnya tanah longsor, gempa bumi, bumi, dan hujan
  • Kebanyakan menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif)
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, contohnya : jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Teks eksplanasi disusun untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan tersebut memang benar adanya

Setelah memahami tentang pengertian teks eksplanasi, tujuan, kaidah kebahasaan dan strukturnya. Pembahasan berikutnya, kami akan memberikan beberapa contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya



Leave a Reply

Your email address will not be published.