Cara Menghitung Payback Period Dengan Contoh


Cara Menghitung Payback Period – Paycback Period menurut Para Pakar Ekonomi adalah Pengembalian pada suatu modal investasi yang sudah dikeluarkan melalui keuntungan dalam jangka waktu tertentu, yang didapatkan pada suatu proyek yang sudah dibuat.



Namun, ada pula seberapa bagian mengartikan payback period merupakan, sebuah periode yang dibutuhkan untuk dapat menutupi kembalinya modal pengeluaran yang dilakukan pada suatu  investasi dengan menggunakan Proceeds atau Aliran Kas Netto.

Pengertian Payback Period Menurut Pakar Ekonomi

  1. Menurut Abdul Choliq (2004) menjelaskan bahwa pengertian payback period adalah Cara untuk mengembalikan sebuah modal yang sudah dikeluarkan pada sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang tertentu, dan dilakukan melalui keuntungan yang didapatkan pada proyek yang sudah direncanakan.
  2. Menurut Bambang Riyanto (2004) menjelaskan bahwa pengertian payback period adalah menutupi kembali pengeluaran modal pada sebuah investasi dalam suatu periode yang tertentu dengan menggunakan Proceeds atau Aliran Kas Netto (Net Cash Flows).
  3. Menurut Djarwanto Ps (2003) menjelaskan bahwa payback period digunakan dalam jangka lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat menutupi kembali pengeluaran modal pada suatu investasi (Original Cash Outlay).

Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas maka disimpulkan bisa bahwa payback period dari suatu investasi menggambarkan panjang waktu yang dibutuhkan supaya dana yang telah tertanam pada suatu investasi dapat diterima kembali seluruhnya. Analisis payback period dalam sebuah study kelayakan juga perlu ditampilkan untuk dapat mengetahui seberapa lama usaha atau proyek yang baru bisa mengembalikan investasi.

Baca juga: Cara Menghitung NPV

Tujuan metode analisis payback period adalah untuk mengetahui seberapa lama investasi dapat dikembalikan saat kondisi break even-point terjadi. Analisis payback period dihitung dengan cara menghitung waktu yang diperlukan saat total arus kas masuk = total arus kas keluar. Dari hasil analisis tersebut nantinya akan dipilih alternatif yang periode pengembaliannya lebih singkat.



Leave a Reply

Your email address will not be published.