Pemahaman Dasar Metode Penelitian Kuantitatif dan Jenis-Jenisnya


Mempelajari Dasar Metode Penelitian Kuantitatif – Penelitian merupakan kegiatan dasar yang dilakukan dalam menelaah sebuah masalah. Sebuah penelitian harus dilakukan dengan mengikuti aturan atau kaidah yang berlaku agar hasil dari penelitian dapat dikatakan valid. Untuk itu, dalam melaksanakan penelitian harus menerapkan metode yang berguna sebagai landasan ilmiah agar dapat mengusung konsep rasional, sistematis, dan empiris.



Ketika melakukan penelitian, hal utama yang perlu diperhatikan adalah data itu sendiri. Data penelitian memiliki kriteria tertentu agar valid, reliable, dan obyektif. Pemerolehan data yang valid harus dilakukan agar penyusunan penelitian dapat terbukti kebenarannya sehingga dapat disajikan reliable dan obyektif. Reliabel berkaitan dengan derajat konsistensi/keajekan data dalam interval waktu tertentu. Lalu, obyektif terkait dengan interpersonal agreement (kesepakatan antarbanyak orang).

Namun, pada data yang reliabel belum tentu valid dan data yang obyektif belum tentu valid. Nah, hal ini berlaku pada semua jenis penelitian, termasuk penelitian yang mengggunakan metode kuantitatif. Pemerolehan data yang valid, reliabel, dan obyektif dalam penelitian kuantitatif membuat instrumen penelitiannya harus valid dan reliabel.



Leave a Reply

Your email address will not be published.