Cara Menghitung Standar Deviasi Yang Benar


Standar Deviasi – Varian dan standar deviasi (simpangan baku) merupakan ukuran-ukuran variasi data statistik yang paling sering digunakan oleh semua orang. Ini merupakan standar deviasi (simpangan baku) akar kuadrat dari varian.



Oleh sebab itu, apabila ada salah satu nilai diantara  kedua  ukuran tersebut sudah diketahui maka untuk  nilai ukuran yang lain juga dapat diketahui.

Fungsi Simpangan Baku

Rumus simpangan baku ini tentu dibuat dengan beberapa sebab. Simpangan baku pada umumnya biasa digunakan oleh para ahli statistik atau orang yang  telah terjun dalam dunia statistik untuk dapat mengetahui apakah sampel data yang diambil mewakili seluruh populasi.

Perlu anda ketahui bahwa dalam  mencari data yang tepat untuk sebuah populasi sangat sulit untuk dilakukan. Maka dari itu,  untuk dapat memepermudah mencarinya maka dipakai lah sampel data yang akan mewakili seluruh populasi. Hal ini tentu bisa memudahkan seseorang dalam melakukan sebuah penelitian.

Misalnya saja, seseorang ingin mengetahui tinggi badan anak anak yang  berusia 8 sampai dengan 12 tahun yang ada di sebuah desa. Yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu tinggi badan beberapa anak kemudian menghitung rata-rata dan simpang bakunya. Dari perhitungan itulah  akan diketahui nilai yang bisa mewakili seluruh populasi.



Leave a Reply

Your email address will not be published.