Cara Menghitung Pendapatan Nasional


Cara Menghitung Pendapatan Nasional – Setelah anda mengerti tentang pendapatan Nasional, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai metode perhitungan pendapatan nasional, pendekatan nilai produksi, pendekatan pengeluaran, pendekatan pendapatan, rumus untuk menghitung pendapatan nasional dan 3 pendekatan perhitungan pendapatan nasional.



Pendapatan nasional adalah jumlah rata-rata pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) pada sebuah negara dari penyerahan beberapa faktor produksi dalam satu periode atau selama satu tahun.

Pendapatan nasional merupakan salah satu indikator  untuk biisa  mengukur lajunya tingkat pembangunan dan perkembangan kesejahteraan pada sebuah Negara dari waktu ke waktu. Dengan pendapatan nasional juga bisa diketahui arah, tujuan, dan  juga struktur perekonomian sebuah Negara.

Metode perhitungan pendapatan nasional menjadi sebuah cara untuk menentukan jumlah atau besar dari nilai pendapatan nasional tersebut. Selain untuk dapat mengetahui jumlah pendapatan nasional suatu negara, metode perhitungan pendapatan nasional juga dapat dijadikan sebagai alat evaluasi. Di mana, Negara dapat menilai dan mengevaluasi kinerja para sumber daya manusianya dan juga mengukur produktivitas negaranya.



Leave a Reply

Your email address will not be published.