Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Tepat


Perhitungan Masa Subur – Saat wanita dalam masa subur, ovulasi  terjadi, suatu proses dimana sel telur dilepaskan dari indung telur (ovarium) menuju ke saluran indung telur (tuba fallopi). Dan karena pembuahan hanya dapat terjadi setelah ovulasi, maka mengetahui kapan masa subur menjadi hal yang sangat penting.

Masa subur bergantung pada siklus haid, dimana siklus haid setiap wanita berbeda. Oleh karena itu, masa subur setiap wanita berbeda pula. Cara menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur berbeda dengan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya lancar maupun tidak lancar. Namun sebelum itu, kami akan bahas mengenai tanda-tanda masa subur terlebih dahulu.

Tanda-tanda Masa Subur

1. Perut Bagian Bawah Terasa Sakit

Masa subur biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit di perut bagian bawah. Rasa sakit ini biasanya juga disertai dengan keluarnya cairan bening ditambah dengan bercak kecoklatan yang keluar dari vagina. Untuk rasa sakitnya sendiri sering terjadi di bagian perut sebelah kanan atau kiri. Tetapi durasinya tidak lama, hanya berlangsung sekitar beberapa menit saja.

Secara medis, sakit perut di bagian bawah baik kanan atau kiri ini dikenal sebagai sensasi dari Mittelschmerz. Bahkan banyak juga wanita yang merasakan mual ketika masa ovulasi sedang terjadi.

Baca juga: Cara Menghitung Siklus Menstruasi

2. Suhu tubuh meningkat

Wanita yang sedang dalam masa subur umumnya akan  mengalami peningkatan suhu sekitar 1-2 derajat dari biasanya. Jika suhu wanita dalam keadaan normal adalah 35-36 derajat celcius, maka ketika  masa subur maka suhu tubuhnya akan menjadi 37-38 derajat celcius.

3. Peningkatan produksi lendir vagina

Dalam setiap bulannya wanita akan mengalami peningkatan produksi lendir, ini adalah akibat dari perubahan hormon pada saat memasuki masa subur. Lendir ini umumnya jernis, licin, dan elastis. Peningkatan produksi dimaksudkan untuk dapat mempermudah sperma memasuki tuba falopii dan membuahi ovum.

Mengetahui masa subur wanita yang silklus haidnya teratur 28 hari

Bagi para wanita yang siklus haidnya teratur secara 28 hari , cara menentukan masa suburnya sangatlah mudah saja. Cukup mengurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 dan ketemulah masa suburnya.

Selanjutnya tambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama haid anda berikutnya.

Jadi 3 + 28 = 31.

Dengan demikian, hari pertama haid anda berikutnya adalah tanggal 31 bulan Mei tersebut.

Nah sekarang, untuk mengetahui masa subur anda, tinggal kurangi saja 31 dengan 14 dan ketemulah masa subur anda.

31 – 14 = 17, sehingga didapatlah hari di mana anda berada dalam keadaan subur yaitu pada tanggal 17 bulan Mei tersebut.

Tanggal 17 ini biasa juga disebut dengan Puncak Masa Subur, karena pada hari inilah anda berada dalam keadaan yang paling subur.

Kemudian, 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur tersebut adalah masa subur biasa.

Sehingga dengan demikian, maka masa subur anda pada bulan mei tersebut adalah pada tanggal: 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20, dengan puncak masa subur pada tanggal 17.

Seperti itulah cara menentukan kapan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari yang tentu sama cara perhitungannya jika anda ingin menentukan masa subur anda sendiri.

Dengan mengetahui masa subur anda sendiri, maka anda menjadi tahu kapan saat yang paling tepat dalam berhubungan seksual jika memang anda berencana untuk hamil.

Dalam contoh di atas, saat yang paling tepat untuk anda berhubungan badan adalah pada tanggal 14, 15, 16, 17, 18, 19 dan 20 bulan Mei tersebut.

Mengetahui masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur

Bagi para wanita yang siklus haidnya tidak teratur, cara menentukan masa suburnya sedikit rumit, Sebab harus mengetahui siklus haidnya sekurang-kurangnya dalam waktu 6  bulan terakhir.

Sesudah itu tinggal mengurangi siklus haid yang terpendek dengan 18 dan hasilnya merupakan hari pertama pada masa suburnya dan kemudian mengurangi siklus haid yang terpanjang dengan 11 dan hasilnya merupakan hari terakhir pada masa suburnya.

Sebelum lanjut, Anda pahami dulu apa itu SIKLUS HAID?

Siklus haid adalah lama hari dari hari pertama haid yang sebelumnya sampai pada hari pertama haid berikutnya.

Misal pada bulan Mei anda mulai haid pada tanggal 6, kemudian pada bulan Juni mulai haid pada tanggal 4, maka berarti sikus haid anda adalah 29 hari.

Ini dinamakan SATU SIKLUS HAID!

Jadi kalau pada bulan Juli anda mulai haid tanggal 3, maka dihitung dari dari bulan Mei, berarti itu sudah 2 siklus haid berturut-turut, yaitu 29 hari dan 27 hari.

Sampai disini anda tentu sudah paham apa itu siklus haid

Oke kita lanjut…

Kita misalkan saja siklus haid anda selama 6 bulan terakhir berturut-turut adalah:

27, 31 , 28 , 29 , 30 dan 26 hari.

Dari siklus haid selama 6 bulan terakhir ini, maka masa subur anda adalah sebagai berikut:

Hari pertama masa subur anda: 26 – 18 = 8 dan;

Hari terakhir masa subur anda: 31 – 11 = 20

Dengan demikian, maka masa subur anda adalah pada hari ke-8 dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-20 juga dihitung dari hari pertama anda haid.

Sehingga jika anda haid pada tanggal 3 Maret, maka hari pertama masa subur anda adalah pada tanggal: 3 + 8 = 11 dan hari terakhir masa subur anda adalah tanggal: 3 + 20 = 23.

Jadi dalam contoh di atas bisa kita lihat, anda berada dalam keadaan subur pada tanggal 11 s/d tanggal 23 (11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22 dan 23) dengan Puncak Masa Subur anda adalah terjadi pada tanggal 11.

Seperti itulah cara bagaimana menentukan kapan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur yang bisa anda jadikan panduan dalam menentukan masa subur anda sendiri jika memang masa subur anda juga tidak teratur.

Menentukan masa subur wanita dengan alat test pack kesuburan

Baca juga: Cara Menghitung Hari Pertama Haid Terakhir

Ketimbang harus menghitung secara manual seperti yang telah disebutkan diatas. Ada cara lain untuk dapat menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur adalah dengan menggunakan TestPack, anda tinggal mencelupkan testpack dalam wadah berisi air seni anda dan tunggu sekitar 5 menit.

Jika hasilnya positif berarti anda sedang dalam keadaan subur namun jika negatif, berarti anda belum berada pada masa subur.

Alasannya direkomendasikan menggunakan testpack adalah karena keakuratan metode ini dalam menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur sangat tinggi, yakni mencapai hingga 95% — Jadi sangat akurat.

Seperti itulah cara menghitung masa subur wanita yang siklus haidnya teratur 28 hari maupun yang tidak teratur. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Leave a Comment