Cara Menghitung Masa Subur Wanita


Perhitungan Masa Subur – Saat wanita dalam masa subur, ovulasi  terjadi, suatu proses dimana sel telur dilepaskan dari indung telur (ovarium) menuju ke saluran indung telur (tuba fallopi). Dan karena pembuahan hanya dapat terjadi setelah ovulasi, maka mengetahui kapan masa subur menjadi hal yang sangat penting.



Masa subur bergantung pada siklus haid, dimana siklus haid setiap wanita berbeda. Oleh karena itu, masa subur setiap wanita berbeda pula. Cara menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya teratur berbeda dengan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menentukan masa subur wanita yang siklus haidnya lancar maupun tidak lancar. Namun sebelum itu, kami akan bahas mengenai tanda-tanda masa subur terlebih dahulu.

Tanda-tanda Masa Subur

1. Perut Bagian Bawah Terasa Sakit

Masa subur biasanya ditandai dengan adanya rasa sakit di perut bagian bawah. Rasa sakit ini biasanya juga disertai dengan keluarnya cairan bening ditambah dengan bercak kecoklatan yang keluar dari vagina. Untuk rasa sakitnya sendiri sering terjadi di bagian perut sebelah kanan atau kiri. Tetapi durasinya tidak lama, hanya berlangsung sekitar beberapa menit saja.



Leave a Reply

Your email address will not be published.