Cara Menghitung Dosis Obat Anak Dan Dewasa


Rumus Dosis Obat – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara menghitung dosis untukĀ  anak-anak dan orang dewasa. Seperti yang kita ketahui bahwa dosis merupakan takaran obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien yang bisa memberikan efek farmakologis (khasiat) yang diinginkan. Secara umum, penggunaan dosis obat dalam terapi terbagi menjadi dua, yaitu dosis lazim dan dosis maksimum atau maksimal.



Dosis lazim merupakan dosis yang dipakai sebagai pedoman umum pengobatan (yang telah direkomendasikan dan banyak digunakan) sifatnya pun tidak mengikat (umumnya diantara dosis minimum efek dan dosis maksimum). Sementara dosis maksimum yaitu dosis yang terbesar namun masih boleh diberikan kepada pasien baik itu pemakaian sekali ataupun sehari tanpa membahayakan (berefek toksik maupun over dosis). Untuk terapi, lebih baik menggunakan pedoman dosis yang lazim.

Perlu diketahui jika dosis obat yang diberikan telah melebihi dosis terapeutik obat yang tergolong racun maka ada kemungkinan akan terjadi keracunan, dinyatakan sebagai dosis toxic. Dosis toxic ini bahkan bisa mengakibatkan kematia, disebut dengan dosis letal.



Leave a Reply

Your email address will not be published.