Cara Menghitung Denyut Jantung (Nadi)


Cara Mengukur Denyut Nadi – Jantung merupakan organ vital pertahanan terakhir untuk dapat hidup selain otak. Denyut yang terdapat di jantung ini tidak dapat dikendalikan oleh manusia. Berapa jumlah rata-rata denyut jantung yang normal? Denyut jantung umumnya mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan oleh detak jantung per satuan waktu dan direpresentasikan sebagai beats per minute (bpm). Denyut jantung yang optimal pada setiap individu yang berbeda-beda tergantung dari kapan waktunya untuk mengukur detak jantung tersebut (saat istirahat atau sesudah berolahraga). Variasi dalam denyut nadi sesuai dengan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat itu.



Detak jantung atau yang juga biasa dikenal dengan denyut nadi adalah salah satu tanda penting di bidang medis yang memiliki manfaat untuk mengevaluasi kesehatan dengan cepat ataupun mengetahui kebugaran tubuh seseorang secara umum.

‘Pada orang dewasa yang memiliki badan yang sehat, ketika sedang beristirahat maka denyut jantung normal yaitu sekitar 600-100 denyut per-menit (bpm). Apabila didapatkan denyut jantung yang lebih rendah ketika sedang berisitirahat, umumnya akan menunjukkan fungsi jantung yang efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya’ “ujar Edward R. Laskowski, M.D, seorang physcal medicine and rehabilitation specialist.



Leave a Reply

Your email address will not be published.