Materi Logika Matematika Dan Contoh Soal


Contoh logika matematika:



Ingkaran atau Negasi dari Suatu Pernyataan

Ingkaran atau negasi adalah kebalikan dari suatu pernyataan itu sendiri, dimana saat suatu pernyataan bernilai benar maka negasinya bernilai salah. Dan ketika suatu pernyataan bernilai salah, maka negasinya bernilai benar. Ingkaran atau negasi dari pernyataan p dilambangkan dengan simbol ~p.

Pernyataan Kuantor

Pernyataan kuantor adalah bentuk logika matematika berupa pernyataan yang mempunyai kuantitas. Di dalam pernyataan kuantor umumnya ada kata semua, seluruh, setiap, ada, beberapa dan sebagian.

Kata-kata yang senilai dengan seluruh, semua dan setiap termasuk dalam kuantor universal. Sedangkan kata-kata yang senilai dengan sebagian, ada, beberapa dan adalah termasuk dalam kuantor eksistensial. Kuantor universal dan kuantor eksistensial saling beringkaran.

Misal:



p : semua orang adalah sarjana (kuantor universal)

~p : sebagian orang adalah tidak sarjana

logika matematika

Pernyataan Majemuk, Bentuk Ekuivalen dan Ingkarannya

Pernyataan majemuk dalam ilmu matematika adalah beberapa pernyataan yang bisa dibentuk menjadi satu pernyataan dengan memakai kata penghubung logika seperti dan, atau, maka dan jika, dan hanya jika.

Dalam logika matematika kata hubung itu masing-masing mempunyai lambang dan istilah yang berbeda. Simak tabel di bawah ini.

Tabel Kebenaran Konjungsi



Berdasarkan tabel di atas bisa kita ketahui bahwa sifat dari konjungsi adalah bernilai benar jika kedua pernyataan penyusun dari pernyataan majemuk keduanya bernilai benar.

Tabel Kebenaran Disjungsi

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita simpulkan bahwa sifat dari disjungsi adalah bernilai salah jika kedua pernyataan penyusun dari pernyataan majemuk keduanya bernilai salah.

Tabel Kebenaran Implikasi



Untuk sifat implikasi, p ⇨ q, suatu p disebut sebagai hipotesa dan q sebagai konklusi. Maka pada implikasi ini akan menghasilkan nilai salah saat konklusi salah dan hipotesa benar.

Tabel Kebenaran Biimplikasi

Pada sifat biimplikasi, sebuah pernyataan majemuk memiliki nilai benar jika kedua pernyataan penyusunnya bernilai sama, keduanya benar ataupun keduanya salah.

Tautologi dan Kontradiksi

Tautologi merupakan pernyataan majemuk yang selalu benar untuk semua kemungkinan yang ada. Sedangkan kontradiksi merupakan kebalikannya, yakni pernyataan majemuk yang bernilai salah untuk semua kemungkinan yang ada.

Bentuk Ekuivalen Pernyataan Majemuk

Pernyataan majemuk yang mempunyai nilai sama untuk semua kemungkinannya disebut dengan istilah ekuivalen. Notasi ekuivalen dalam logika matematika adalah “≡”.

Bentuk-bentuk pernyataan yang saling ekuivalen, yakni:

Ingkaran Pernyataan Majemuk

Konvers, Invers dan Kontraposisi

Konvers, invers dan kontraposisi merupakan bentuk lain dari implikasi. Berikut adalah penjelasannya masing-masing.

Penarikan Kesimpulan Logika Matematika

Penarikan kesimpulan adalah konklusi dari beberapa pernyataan majemuk (premis) yang saling berhubungan. Dalam penarikan kesimpulan tersebut terdiri dari beberapa cara, yakni:



Leave a Reply

Your email address will not be published.