Limit Fungsi Trigonometri Dan Contoh Soal


Materi Limit Fungsi Trigonometri – Trigonometri merupakan salah satu pelajaran dalam matematika. Ternyata trigonometri sendiri bisa dibagi lagi menjadi beberapa materi. Supaya pembahasan tidak terlalu luas dan membingungkan, materi-materi ini dibagi per bab.



Sebelumnya kita sudah membahas soal rumus identitas trigonometri. Pada pembahasan ini, kami akan melanjutkan materi seputar trigonometri. Materi yang disampaikan adalah limit fungsi trigonometri. Pembahasan akan dimulai dari pengertian limit fungsi trigonometri, macam-macam trigonometri, hingga contoh soal limit fungsi trigonometri.

limit trigonometri

Baca juga: Rumus Identitas Trigonometri

Pengertian Limit Fungsi Trigonometri

Sebelum membahas rumus limit fungsi trigonometri, kita perlu mengetahui definisi dari limit trigonometri itu sendiri. Limit trigonometri adalah nilai terdekat pada suatu sudut fungsi trigonometri. Perhitungan limit fungsi tersebut dapat langsung disubstitusikan, misalnya fungsi aljabar.

Akan tetapi ada fungsi trigonometri yang perlu diubah terlebih dahulu ke identitas trigonometri untuk limit tak tentu. Yakni limit yang jika langsung disubstitusikan bernilai 0. Untuk limit tak tentu tidak harus menggunakan identitas, namun memakai teorema limit trigonometri.

Ada juga yang menggunakan identitas dan teorema. Jika suatu fungsi limit trigonometri disubstitusikan nilainya yang mendekatinya menghasilkan maka harus diselesaikan dengan cara lain.

Untuk menentukan nilai limit suatu fungsi trigonometri, ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan, yakni:

  • Metode Numerik
  • Menggunakan Turunan
  • Subtitusi
  • Kali Sekawan
  • Pemfaktoran

Limit fungsi trigonometri sebenarnya sama saja dengan materi limit lainnya, seperti limit fungsi aljabar. Cara menentukan nilai limit fungsi trigonometri juga tergantung pada nilai x yang mendekatinya. Apakah nilai limit fungsi dengan x mendekati tak hingga atau nilai limit fungsi dengan x mendekati suatu nilai. Perbedaannya, nilai limit trigonometri melibatkan fungsi trigonometri lain, semisal fungsi sin, cos, tan dan fungsi turunan lain.

Jika definisi di atas masih kurang, Anda bisa memahami pengertian limit terlebih dahulu sebagai referensi tambahan. Dengan memahami definisi limit, maka Anda bisa paham dalam mengerjakan soal limit. Baik untuk menentukan nilai limit fungsi trigonometri maupun nilai limit fungsi lainnya.

Perlu dicatat, variasi soal limit fungsi trigonometri sangat banyak. Kemampuan dalam menyelesaikan soal fungsi trigonometri akan semakin bertambah jika kita sudah menyelesaikan berbagai macam soal yang ada. Walaupun beragam, sebenarnya Anda bisa mempelajari intinya sehingga bisa menuntaskannya dengan mudah.

Macam-Macam Trigonometri

Ada beberapa nama trigonometri yang bisa kita pelajari, antara lain:



Leave a Reply

Your email address will not be published.