Membuat Jaring Jaring Balok Dan Contohnya




Cara Membuat Jaring-Jaring Balok

Kita bisa membuat jaring-jaring balok dengan media karton ataupun kardus. Kami akan memberikan langkah-langkah mudah supaya Anda bisa mencontohnya tanpa perlu mengalami kesulitan.

  1. Cetak sebuah pola gambar jaring-jaring balok dengan ukuran yang lebih besar atau sesuai dengan bidang karton ataupun kardus yang Anda pakai.
  2. Selanjutnya, gunting kertas karton atau kardus tersebut mengikuti ruas garis yang sudah kita buat tadi.
  3. Lipat-lipat pada setiap jaring tersebut berdasarkan ruas garis hingga membentuk balok yang hampir sempurna.
  4. Untuk merekatkannya kita bisa memanfaatkan selotip. Atau Anda juga bisa mengelemnya. Jika ingin mengelem. kita perlu memberikan tambahan bidang sebagai media perekatnya.

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat contoh di bawah ini. Pola jaring-jaring yang dipakai tidak harus sama persis seperti gambar di bawah ini. Anda bisa mencoba salah satu contoh gambar di atas.

Rumus Luas Jaring-Jaring Balok

Mengukur luas jaring-jaring balok sama seperti mengukur luas permukaan maupun bidang sisi yang ada pada balok. Alasannya jika sisi-sisi pada permukaan balok digambar secara mendatar maka akan terlihat bentuk yang sama.

Rumus Luas Balok

Contohnya p merupakan panjang balok, lalu l adalah lebar balok dan t merupakan tinggi balok seperti pada gambar di atas. Maka untuk menghitung luas permukaan balok kita bisa membayangkan selimut balok yang dibuka sehingga menjadi jaring-jaring balok.

Sebagai gambaran, misalnya kita memiliki sebuah balok yang memiliki panjang 7 satuan. Untuk lebarnya 4 satuan dan tingginya mencapai 2 satuan. Maka kita bisa menggambar bentuk jaring-jaring balok seperti gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar di atas, bisa kita ketahui bahwa setiap sisi mempunyai pasangan (ada 2 sisi yang sama, 2 sisi berwarna biru, 2 sisi berwarna kuning dan 2 sisi berwarna hijau. Maka dari itu kita bisa mencari luas balok dengan rumus berikut.

Luas balok = 2 x ( p x l ) + 2 x ( p x t ) + 2 x ( l x t )

Untuk menghitung luas permukaan balok yang dilambangkan dengan L, kita bisa mencarinya dengan rumus berikut ini.

Baca juga: Jaring Jaring Kubus

Contoh Soal

Contoh Soal 1

Sebuah balok mempunyai ukuranĀ  panjang 20cm, lebar 14cm, dan tinggi 10 cm. tentukanlah luas permukaan dari balok tersebut?

Penyelesaiannya:

diket :

p = 20

l = 14

t = 10