Membuat Jaring Jaring Balok Dan Contohnya


Jaring Jaring Balok – Setelah membahas mengenai jaring-jaring kubus, pada kesempatan ini kami akan menyampaikan materi mengenai jaring-jaring balok. Kedua bangun ruang ini sekilas terlihat mirip. Kendati demikian bukan berarti sama persis. Ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Termasuk untuk jaring-jaringnya.



Maka dari itu materi mengenai jaring-jaring balok disajikan terpisah supaya Anda lebih fokus dalam memahaminya. Sebelum membahas jaring-jaring, kami akan memberikan informasi mengenai apa itu balok dan juga jaring-jaringnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mempelajari materi pelajaran matematika ini.

balok

Kemudian juga akan kami sampaikan mengenai luas jaring-jaring balok, rumus luas balok dan juga contoh soal beserta pembahasannya. Silakan simak materi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Balok

Ada beberapa definisi mengenai apa itu balok. Akan tetapi pada dasarnya balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 6 sisi dan 12 rusuk dan 8 titik sudut.

Baca juga: Volume Limas Segi Empat

Bangun ruang balok bisa terbentuk dari tiga pasang sisi yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Di mana satu di antaranya berukuran berbeda. Setiap sisinya berimpitan dengan sisi persegi panjang yang lain dengan sisi yang berhadapan dan bersifat kongruen. Yang dimaksud kongruen adalah sebuah bentuk bangun dengan sudut-sudut yang bersesuaian, sama besar dan juga sama panjang.



Pengertian Jaring-Jaring Balok

Jaring-jaring balok adalah suatu sisi-sisi balok yang direntangkan sesudah dipotong mengikuti rusuk-rusuknya. Misalkan ada enam buah persegi panjang yang terdiri atas 3 pasang persegi panjang yang kongruen, jika disusun belum tentu membentuk jaring balok.

Jaring-jaring balok memiliki karakteristik khusus, jika dilipat maka akan membentuk sebuah balok. kita bisa mengetahui bentuk dari jaring-jaring balok dengan cara memotong model balok pada rusuk-rusuk tertentu. Sehingga akan menghasilkan suatu jaringan balok.

Cara memotongnya, jika dimulai dari sisi yang berbeda maka akan menghasilkan bentuk yang berbeda pula. Jaring-jaring balok sebenarnya memiliki pola yang mirip dengan jaring-jaring kubus. Meski begitu ada perbedaan, yang terdapat pada bentuk sisi dari keduanya.

Pada jaring-jaring kubus memiliki bentuk sisi hanya dalam bentuk persegi saja. Sedangkan pada jaring-jaring balok terdiri dari beberapa persegi dan persegi panjang.

Pola Jaring-Jaring Balok

Jaring-jaring balok bisa dibagi menjadi beberapa macam yang berbeda-beda. Masing-masing pola ini memiliki susunan yang berbeda-beda. Akan tetapi bila disatukan tetap akan menjadi sebuah balok. Silakan lihat gambar berikut ini.





Cara Membuat Jaring-Jaring Balok

Kita bisa membuat jaring-jaring balok dengan media karton ataupun kardus. Kami akan memberikan langkah-langkah mudah supaya Anda bisa mencontohnya tanpa perlu mengalami kesulitan.

  1. Cetak sebuah pola gambar jaring-jaring balok dengan ukuran yang lebih besar atau sesuai dengan bidang karton ataupun kardus yang Anda pakai.
  2. Selanjutnya, gunting kertas karton atau kardus tersebut mengikuti ruas garis yang sudah kita buat tadi.
  3. Lipat-lipat pada setiap jaring tersebut berdasarkan ruas garis hingga membentuk balok yang hampir sempurna.
  4. Untuk merekatkannya kita bisa memanfaatkan selotip. Atau Anda juga bisa mengelemnya. Jika ingin mengelem. kita perlu memberikan tambahan bidang sebagai media perekatnya.

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat contoh di bawah ini. Pola jaring-jaring yang dipakai tidak harus sama persis seperti gambar di bawah ini. Anda bisa mencoba salah satu contoh gambar di atas.



Leave a Reply

Your email address will not be published.