Cara Menghitung Hari Pertama Haid Terakhir


Rumus HPTP – Bagi anda yang sekarang ini sedang merencanakan kehamilan, alangkah baiknya untuk mengetahui maksud dari HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir. Perlu anda ketahui bahwa HPHT ini menjadi hal pertama yang akan ditanyakan oleh bidan ataupun petugas kesehatan selain biodata atau identitas. Hal ini dikarenakan fungsi mengetahui HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhi sanga banyak sekali, yakni untuk bisa mengetahui usia kehamilan, untuk menghitung tafsiran persalinan (TP) atau hari perkiraan lahir (HPL).



Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas cara menghitung HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir yang benar. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Perlu diketahui bahwa kehamilan trimester 1 merupakan masa kehamilan dari 0-12 minggu atau 0-3 bulan. Usia kehamilan dihitung mulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT) dan sekalian dapat diketahui tanggal taksiran persalinan (TP) dengan cara menggunakan Naegele. Caranya adalah sebagai berikut :

Untuk dapat memperoleh tanggal TP :
Tanggal HPHT + 7 bulan  – 3 tahun +  1
Misalnya tanggal HPHT adalah 1-4-2011, maka TP-nya yaitu (1+7=8)  / (4-3=1) / (2011+1=2012). Hasilnya akan menjadi  =  8-1-2012 ( sesuai dengan usia kehamilan selama 40 mingu)



Leave a Reply

Your email address will not be published.