Pemahaman Dasar Metode Penelitian Kualitatif dan Karakteristiknya


Pengertian Metode Penelitian Kualitatif –  Dalam dunia perkuliahan, pasti akan menghadapi beberapa hal dasar yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian dapat dikatakan sebagai riset yang dilakukan berdasarkan studi seseorang untuk melakukan sebuah penyelidikan. Tentunya, penyelidikan yang dilakukan harus hat-hati dan sempurna mengenai suatu masalah sehingga terdapat pemecahan masalah yang tepat. Dengan adanya hal tersebut, perlu dipahami beberapa dasar mengenai penelitian salah satunya dalam memahami metode.



Metode penelitian memiliki beragam jenis. Pemilihan jenis metode penelitian dapat dilakukan dengan menyesuaikan masalah yang dihadapi. Misalnya, dalam kegiatan penelitian yang berhubungan dengan  observasi kegiatan atau memahami masalah dokumen dapat menggunakan metode kualitatif.

Metode kualitatif menjadi salah satu jenis metode penelitian yang digunakan dalam mengeksplorasi dan memahami suatu peristiwa sosial dari sejumlah individu atau kelompok. Berdasarkan penelitian kualitatif, masalah yang dihadapi dapat berwujud masalah sosial atau kemanusiaan. Hasil akhir dari penelitian ini dapat memiliki struktur yang fleksibel dan didasari dari cara pandang penelitian menghadapi makna masalah sosial.

Baca juga: Contoh Metode Penelitian

Baca juga: Contoh Kuesioner Berbagai Macam Kebutuhan

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Dan Contoh

Pada kesempatan kali ini akan disampaikan pemahaman dasar mengenai penelitian kualitatif. Berikut pembahasannya.

Dasar metode kualitatif

Penelitian dengan metode kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam mengeksplorasi dan memahami suatu peristiwa sosial dari sejumlah individu atau kelompok. Berdasarkan penelitian kualitatif, masalah yang dihadapi dapat berwujud masalah sosial atau kemanusiaan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.