Pemahaman Dasar Metode Penelitian Kualitatif dan Karakteristiknya


Pengertian Metode Penelitian Kualitatif –  Dalam dunia perkuliahan, pasti akan menghadapi beberapa hal dasar yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian dapat dikatakan sebagai riset yang dilakukan berdasarkan studi seseorang untuk melakukan sebuah penyelidikan. Tentunya, penyelidikan yang dilakukan harus hat-hati dan sempurna mengenai suatu masalah sehingga terdapat pemecahan masalah yang tepat. Dengan adanya hal tersebut, perlu dipahami beberapa dasar mengenai penelitian salah satunya dalam memahami metode.



Metode penelitian memiliki beragam jenis. Pemilihan jenis metode penelitian dapat dilakukan dengan menyesuaikan masalah yang dihadapi. Misalnya, dalam kegiatan penelitian yang berhubungan dengan  observasi kegiatan atau memahami masalah dokumen dapat menggunakan metode kualitatif.

Metode kualitatif menjadi salah satu jenis metode penelitian yang digunakan dalam mengeksplorasi dan memahami suatu peristiwa sosial dari sejumlah individu atau kelompok. Berdasarkan penelitian kualitatif, masalah yang dihadapi dapat berwujud masalah sosial atau kemanusiaan. Hasil akhir dari penelitian ini dapat memiliki struktur yang fleksibel dan didasari dari cara pandang penelitian menghadapi makna masalah sosial.

Baca juga: Contoh Metode Penelitian

Baca juga: Contoh Kuesioner Berbagai Macam Kebutuhan



Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Dan Contoh

Pada kesempatan kali ini akan disampaikan pemahaman dasar mengenai penelitian kualitatif. Berikut pembahasannya.

Dasar metode kualitatif

Penelitian dengan metode kualitatif merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam mengeksplorasi dan memahami suatu peristiwa sosial dari sejumlah individu atau kelompok. Berdasarkan penelitian kualitatif, masalah yang dihadapi dapat berwujud masalah sosial atau kemanusiaan.

Sebuah penelitian kualitatif dapat dilaksanakan dengan adanya masalah yang dihadapi pada sebuah kehidupan atau lingkungan sosial, bukan dari teori. Data dari penelitian ini berupa informasi dari lapangan yang dipaparkan secara deskriptif dan tanpa menggunakan angka. Hal ini karena pada penelitian kualitatif biasanya lebih mengutamakan proses yang terjadi di lapangan.

Pada umumnya, penelitian jenis ini tujuannya mencakup informasi tentang fenomena utama yang sedang dieksplorasi dalam suatu penelitian, partisipan penelitian, dan lokasi suatu penelitian. Penelitian kualitatif juga dapat menyatakan rancangan penelitian yang dipilih.

Jika kalian menempuh perkuliahan dengan jurusan pendidikan, penelitian kualitatif dapat dijadikan sebagai dasar penelitian dalam menggambarkan proses kegiatan pendidikan berdasarkan masalah yang terjadi (dalam konteks ini lingkungan sekolah). Bahan kajian penelitian pendidikan sebagai berikut.

  1. Menemukan kekurangan dan kelemahan pada kegiatan pendidikan sehingga bisa ditentukan upaya untuk memperbaikinya.
  2. Menganalisis suatu gejala, fakta, dan peristiwa pendidikan yang ada di lapangan.
  3. Menyusun suatu hipotesis yang berkaitan dengan konsep dan prinsip pendidikan yang didasarkan pada informasi dan data yang terjadi di lapangan.

Secara umum, pada penelitian kualitatif dapat dibagi menjadi beberapa jenis dasarnya seperti berikut.



  1. Penelitian etnografi.
  2. Penelitian studi kasus.
  3. Penelitian fenomenologi
  4. Penelitian grounded theory.
  5. Penelitian naratif.

Karakterisitik Penelitian Kualitatif

Dalam penelitian kualitatif terdapat beberapa karakteristik yang perlu dipahami sebagai berikut.



Leave a Reply

Your email address will not be published.