Contoh Dan Pengertian Recount Text Lengkap


Contoh Recount Text – Selamat datang di website kami. Pada saat belajar bahasa Inggris, biasanya identik dengan membaca dan memahami sebuah text berbahasa Inggris. Ada banyak sekali jenis-jenis text dalam bahasa Inggris seperti narrative text, report text, spoof text, recount text dan masih banyak lagi. Namun pada pembahasan kali ini kami hanya akan mengulas tentang recount text.



Berikut ini kami telah menyiapkan beberapa penjelasan yang membahas tentang recount text. Kami disini juga menyiapkan beberapa contoh recount text pendek atau singkat untuk anda. Nah, langsung saja simak pembahasan recount pendek yang telah kami tuliskan di bawah, semoga kemampuan bahasa Inggris Anda semakin bertambah.

Pengertian Recount Text

Bagi anda yang masih belum tahu atau belum pernah mendengar tentang recount text pasti anda akan sangat bingung. Apa sih recount text itu?

Recount Text merupakan sebuah teks bacaan yang berisi mengenai cerita atau runtutan sebuah peristiwa atau pengalaman yang telah terjadi di masa lampau. Atau dengan kata lain, recount text juga dapat dikatakan sebagai teks cerita tetapi recount text diambil dari pengalaman yang telah terjadi di masa lampau dan sebelumnya sudah pernah dialami.

Disamping itu, Recount Text juga dapat diartikan sebagai kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau melalui sebuah text.

Baca juga: Contoh Narrative Text Bahasa Inggris

Karakteristik atau Ciri-ciri Recount Text

Recount text memiliki beberapa ciri khusus yang dapat membedakannya dengan jenis teks pada umumnya, yaitu :



  • Memiliki judul yang dapat merangkum teks
  • Karena menceritakan sebuah peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lampau, maka recount text akan selalu menggunakan past tense. Seperti misalnya : Last month, I spent my holiday ini Bali island with my friends.
  • Menggunakan adverb dan adverbal untuk dapat menjelaskan waktu, tempat dan juga cara. Seperti misalnya : Last month, in Malang, lately, dll.
  • Menggunakan action verbs. Seperti misalnya visited, ate, spent, went, brought, took, dll.
  • Karena sifatnya bercerita secara berurutan, maka recount text sering menggunakan kata sambung yang dapat menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu seperti as, next, later, when, after, before, first, after that.
  • Karena sifatnya menceritakan suatu peristiwa, maka sering menggunakan verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara detail bagaimana verb atau kata kerja dilakukan.

Jenis-jenis Recount Text

Secara umum recount text dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada tujuan dibentuknya sebuah recount text. Tujuan recount tex adalah untuk dapat menyampaikan atau memberikan informasi atau menceritakan tentang suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.

Ada 3 jenis recount text yang mempunyai tujuan berbeda, diataranya :

Personal Recount Text

Personal recount text merupakan sebuah recount text yang bertujuan untuk dapat menceritakan kembali pengalaman para penulis secara pribadi atau memberikan informasi tentang pengalaman penulis di masa lampau.

Factual Recount Text

Factual recount text bertujuan untuk dapat menjelaskan atau menceritakan suatu kejadian yang terjadi secara faktual atau nyata. Contoh dari factual recount text adalah seperti kejadian ilmu dalam ilmu pengetahuan.

Imaginative Recount Text

Imaginative Recount Text merupakan salah satu jenis recount text yang mempunyai tujuan imajinatif, atau dengan kata lain penulis akan menceritakan peristiwa atau pengalamannya yang terjadi di masa lalu secara imajinasi.

Language Feature Pada Recount Text

Adapun language feature of recount text adalah sebagai berikut :

  • Memperkenalkan personal participant yaitu I, my group, etc
  • Memakai chronological connection yaitu then, first, etc
  • Memakai linking verb yaitu was, were, saw, heard, etc
  • Memakai action verb yaitu look, go, change, etc
  • Menggunakan simple past tense

Sosial Function

Untuk dapat menceritakan kembali suatu peristiwa dengan tujuan untuk memberikan informasi atau hanya sekedar menghibur para pembaca. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin membuat sebuah recount text :



  1. Lebih fokus pada seorang individu dan harus menggunakan subject “I” atau “we”
  2. Menggunakan kata yang dapat menjelaskan waktu kapan misalnya “after lunch” dan kata yang dapat menjelaskan dimana peristiwa tersebut bisa terjadi seperti misalnya “in the garden”
  3. Anda harus tulis menggunakan kata lampau atau simple past tense seperti menggunakan kata had, visited
  4. Menggunakan action word seperti helped dan crutched

Struktur Umum Recount Text

Pada pembahasan berikutnya kami akan menjelaskan apa itu struktur penyusunan suatu recount text. Secara teori, strukur recount text adalah sebagai berikut  :

  1. Orientatition atau pengenalan. Apa yang dimaksud pengenalan teks? Pada paragraf awal setiap tulisan sederhana umumnya akan berisi informasi umum yang merujuk pada isi keseluruhan teks. Informasi ini umumnya meliputi siapa, dimana, dan kapan.
  2. Event atau peristiwa. Apa saja yang telah terjadi terhadap pelaku dalam teks tersebut.
  3. Reorientation atau pengenalan kembali. Bagian ini berisi informasi secara menyeluruh yang ditulis dengan ringkas, padat, dan jelas.

Recount text atau teks recount ini biasa kita jumpai dalam tulisan biografi, diary, pengalaman liburan, pengalaman kerja, autobiografi, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Contoh Cerita Hikayat

Contoh Recount Text Singkat

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh recount text singkat tentang pengalaman pribadi. Contoh text berikut ini akan menceritakan pengalaman pribadi si penulis yang terjadi di masa lampau.

A Trip to the Zoo

Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *