Contoh Teks Ulasan Novel Dan Strukturnya


Ulasan Buku Novel –┬áBagi anda penggemar novel, mungkin anda sudah mengkoleksi banyak novel seperti novel Laskar Pelangi, novel Surat Kecil Untuk Tuhan, Bumi Manusia, Surat Untukmu Sahabat dan lainnya.



Dengan membaca novel tentu akan menambah wawasan kita. Tapi pernahkah anda membuat sebuah contoh teks ulasan novel?

Membuat ulasan tentang novel yang sudah dibaca setelah anda selesai membaca semua isi novel. Dengan membuat ulasan singkat maka anda bisa mengingat kembali apa saja isi novel yang pernah anda baca.

Baca juga: Contoh Ulasan Film

Struktur Teks Ulasan Novel

Teks Ulasan Novel memiliki struktur-struktur yang menjadi pembangun, yang pada saat struktur tersebut dipenuhi, teks ulasan novel akan menjadi utuh. Struktur-struktur tersebut adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Orientasi, adalah bagian yang di dalamnya berisi gambaran umum suatu drama, film atau novel yang diulas. Bagian orientasi akan menjelaskan kepada para pembaca mengenai latar belakan sebuah karya.
  2. Tafsiran, adalah bagian yang didalamnya berisi mengenai gambaran lebih detail dari sebuah karya yang akan diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang sangat menarik dan unik sehingga akan membuatnya berbeda dengan lainnya.
  3. Evaluasi, adalah bagian yang di dalamnya berisi mengenai pandangan dari orang yang telah meriview dari sebuah karya.
  4. Rangkuman, ada bagian paling akhir yang didalamnya berisi tentang pendapat dari penulis. Apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton ataukah tidak.

Manfaat Membuat Teks Ulasan Novel

Dengan membuat ulasan singkat, secara tidak langsung anda telah melatih skill menulis anda. Apalagi anda yang memiliki cita-cita menjadi penulis terkenal seperti Boy Candra.

Anda bisa coba mulai dari hal terkecil dulu seperti misalnya menulis contoh teks ulasan novel 3600 detik, novel laskar pelangi, novel sepatu dahlan, novel perahu kertas, atau novel-novel yang pernah anda baca.



Baca juga: Contoh Resensi Buku Fiksi Dan Non Fiksi

Contoh Teks Ulasan Novel Singkat My Idiot Brother

Novel My Idiot Brother adalah hasil karya dari Agnes Davonar. Novel ini menceritakan tentang sebuah arti kehidupan yang memerlukan sebuah pengorbanan. Ada seorang anak yang bernama Angel.

Angel adalah seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya yaitu Hendra karena terlahir dengan keterbelakangan mental. Meskipun Angel sangat malu dan membenci kakaknya, tetapi Hendra tak pernah bersedih hati.

Hendra merupakan seorang anak yang berkebutuhan khusus yang diakibatkan sakit yang di deritanya waktu kecil. Meskipun demikian Hendra tetap setia dan memberikaan kasih sayangnya sebagai seorang kakak kepada adiknya.

Di bab pertama buku My Idiot Brother, Agnes Devonar meceritakan kisah tentang Ali Mehsan (didalam novel tersebut berperan sebagai Hendra) yang menderita sindrom Down.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *