Contoh Teks Tanggapan Kritis Dan Strukturnya


Teks Tanggapan Kritis – Manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Di dalam kehidupan sehari-hari, sudah pasti kita akan berinteraksi dengan berbagai macam orang dengan pandangan yang beragam. Maka dari itu, perbedaan pendapat akan selalu kita temukan terlebih lagi di Indonesia yang sangat majemuk ini.



Lalu, bagaimanakah cara untuk menyampaikan pendapat yang tepat? Untuk itu, kita harus belajar terlebih dahulu tentang Tex Tanggapan Kritis supaya tidak menyinggung perasaan orang lain dan juga dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami serta efisien.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis merupakan sebuah bacaan yang berisi tentang gagasan yang disampaikan oleh seseorang mengenai masalah yang sedang terjadi. Teks ini seringkali digunakan dalam sebuah perdebatan atau diskusi di dalam organisasi yang sedang membahas tentang isu terkini.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Sama seperti jenis teks yang lainnya, teks tanggapan kritis juga mempunyai struktur pembangun di dalamnya. Beberapa struktur yang ada di dalam teks tanggapan kritis yaitu Evaluasi, Deskripsi, dan Penegasan ulang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

  1. Evaluasi merupakan bagian struktur awal dalam teks tanggapan kritis yang berisi tentang sebuah pernyataan dan gambaran umum yang dipaparkan oleh penulis mengenai konflik yang terdapat dalam teks tersebut.
  2. Deskripsi. Deskripsi adalah bagian kedua dalam teks tanggapan kritis yang berisi tentang penjabaran informasi atau pernyataan yang dapat mendukung ataupun melemahkan suatu pendapat yang sudah dikemukakan sebelumnya.
  3. Penegasan Ulang. Penegasan ulang adalah bagian terakhir yang berisi tentang penekanan ulang suatu pendapat terhadap informasi atau data yang telah diolah dalam deskripsi.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

  • Berisi tentang tanggapan sebuah peristiwa yang telah terjadi di dalam lingkungan sekitar yang berdasarkan fakta, data dan juga alasan yang bisa menguatkan tanggapan tersebut.
  • Teks tanggapan kritis memiliki 3 struktur yaitu Evaluasi, Deskripsi teks, dan Penegasan ulang.
  • Bahasa yang digunakan memakai kalimat kompleks, konjungsi, dan kata rujukan

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  • Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Konjungsi, kata penghubung dapat menghubungkan setiap kata dan setiap struktur.
  • Kata Rujukan, sesuatu yang dipakai sebagai pemberi informasi atau pembicara untuk dapat menyokong atau memperkuat pernyataan secara tegas. Dikenal juga sebagai referensi.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dengan pemakaian dan penyusunan teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sekolah

Evaluasi

Bagi anda yang sudah menyelesaikan masa pendidikan di SMP, mungkin anda akan mengalami kebingungan dalam memilih sekolah lanjutan, yaitu antara SMA atau SMK. Setiap pilihan memiliki berbagai konsekuensi tertentu yang harus anda pertimbangkan. Menentukan pilihan antara SMA atau SMK pastinya harus berdasarkan beberapa faktor yang dianggap penting.



Deskripsi

Dengan memilih SMA tentu akan memudahkan kita dalam memasuki bangku perkuliahan nantinya. Pastinya sesuai dengan bidang study yang kita ambil saat SMA.

Misalnya saja, ketika SMA kita mengambil jurusan IPS, maka pilihan di perguruan tinggi berhubungan dengan ilmu Sosial. Begitu juga dengan jurusan IPA dan Bahasa. Sedangkan jika memilih di SMK, setelah lulus kita bisa langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita pelajari pada waktu di SMK.

Apabila dilihat dari segi praktik lapangan. SMA lebih fokus pada teori dibandingkan praktik di lapangan. Kalaupun misalnya ada praktik, itu hanyalah untuk mata pelajaran tertentu yang memerlukan praktik lapangan saja. Sedangkan di SMK, pelajaran yang akan diberikan lebih fokus pada kegiatan praktik jika dibandingkan dengan teori.

Sebenarnya dengan memilih SMK anda juga dapat melanjutkan di perguruan tinggi, namun terbatas pada jurusan tertentu saja. Sedangkan SMA bisa memilih jurusan mana saja yang sesuai dengan bidangnya.

Dalam dunia kerja, SMK akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan karena siswa SMK sudah mempunyai keahlian tertentu. Sedangkan SMA akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan karena jurusannya yang bersifat umum.

Penegasan Ulang



Dari beberapa pertimbangan tersebut bisa disimpulkan bahwa SMK bisa langsung bekerja, tetapi juga bisa melanjutkan kuliah. Hanya saja dalam memilih program study di perguruan tinggi nantinya terbatas pada keahlian yang diambil sewaktu SMK. Sedangkan SMA, bisa memilih kuliah apapun yang anda inginkan, asalkan harus sesuai dengan jurusan pada waktu di SMA.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *