Contoh Teks Sejarah Beserta Strukturnya


Contoh Teks Sejarah – Teks cerita sejarah merupakan sebuah teks yang mengandung cerita yang sudah terjadi di masa lalu. Pengertian teks sejarah menurut beberapa ahli adalah sebuah teks yang berisi penjelasan mengenai fakta yang sudah di masa lampau dan asal usul dari cerita tersebut mengandung unsur sejarah. Unsur teks cerita sejarah terdiri dari orientasi, urutan kejadian, dan ditutup dengan reorientasi lagi.



Sama halnya dengan jenis-jenis teks dalam bahasa Indonesia pada umumnya, teks cerita sejarah juga mempunyai kaidah kebahasaan yaitu mempunyai kata ganti, kata-kata yang dapat menggambarkan kejadian dan konjungsi temporal. Sementara itu, untuk contoh teks sejarah sendiri banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada jenjang sekolah.

Dalam penyusunan contoh teks cerita sejarah kita harus memperhatikan kaidah kebahasaan yaitu 5W1H yang meliputi why, when, where, what, who, dan how. Kaidah 5W dan 1H ini berguna supaya cerita sejarah yang terdapat dalam teks ini memuat informasi secara lengkap dan tidak terputus putus. Disamping itu, karena contoh teks cerita sejarah ini bersifat fakta maka kita juga perlu mencantumkan sumber dimana kita mengutip cerita tersebut.

Salah satu contoh teks cerita sejarah yang umum dijumpai adalah saat kita sedang berkunjung ke museum atau wisata peninggalan kuno yang notabennya merupakan sebuah tempat bersejarah. Biasanya dalam contoh teks cerita sejarah ini kita akan menemui deskripsi kejadian awal mulanya sejarah tersebut sampai diakhiri oleh penegasan ulang mengapa kejadian tersebut bisa dianggap sebagai sejarah.

Baca juga: Contoh Cerita Hikayat

Contoh Teks Cerita Sejarah

Pada pembahasan berikutnya kami akan membahas tentang contoh cerita sejarah beserta strukturnya. Pada dasarnya teks cerita sejarah mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik disekolah ataupun saat kita sedang liburan. Tanpa kita sadari, saat sedang mendengarkan atau membaca deskripsi sejarah dari suatu tempat atau peristiwa sebenarnya kita sudah membaca contoh teks cerita tersebut. Baiklah untuk lebih jelasnya, berikut ini caramenghitung akan memberikan beberapa contoh teks cerita sejarah.



Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Teknologi Internet

Orientasi:

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat pada tahun 1969. Pada awal mulanya, internet diciptakan hanya untuk kepentingan militer. Dengan sistem sistem operasi berbasis UNIX, mereka kemudian mendemonstrasikan dan mencoba perangkat keras dan lunak untuk dapat berkomunikasi secara jarak jauh yang jaraknya tidak terjangkau serta melebihi jarak sambungan telepon.

Demonstrasi dan tes ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ini meliputi ketangkasan jaringan, bentuk jaringan, dan kapasitas informasi yang bisa dipindahkan. Pada akhirnya, setelah melalui beberapa kali uji ARPANET menjadi standard untuk dapat menentukan pembangunan suatu protokol baru atau yang disebut dengan transmission control/internet protocol (TCP/IP).

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa tujuan diciptakan internet pada awalnya hanya untuk keperluan pertahanan militer saja. Pada saat itu, departemen pertahanan AS menempatkan banyak komputer di beberapa daerah yang menjadi titik vital dan menyambungkannya dengan jaringan internet. Hal ini bertujuan untuk menganstisipasi terjadinya serangan nuklir dan juga informasi terpusat yang notabennya mudah untuk dihancurkan jika ada serangan.

Urutan Peristiwa:



Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu university of california, university of utah, standford research instittute, dan santa barbara yang awalnya mereka membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969 silam. Secara garis besar ARPANET ini telah resmi diluncurkan sejak bulan Oktober tahun 1972. Tak lama setelah itu, proyek ini pun mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga sampai ke seluruh penjuru daerah di Amerika Serikat. Hal ini kemudian memicu antusias dari berbagai universitas untuk bergabung dengan jaringan ARPANET sehingga membuat departemen pertahanan menjadi kewalahan.

Oleh karena itu, untuk menanggapi fenomena ini pada akhirnya ARPANET dipisah dan dipecah menjadi dua bagian yaitu Milnet yang hanya mengatur keperluan militer saja dan Arpanet baru dengan skala yang jauh lebih kecil untuk keperluan non militer saja seperti untuk universitas. Gabungan dari kedua sistem ini disebut dengan DARPA internet. Namun sering dengan berkembangnya jaman, DARPA internet kini megalamai bentuk penyederhanaan menjadi internet saja.

Reorientasi:

Penggunaan internet di jaman modern ini dianggap sangat penting bagi banyak orang. Sebagai contoh, seorang siswa sekolah sudah bisa mencari dan mendapatkan informasi dari beberapa sumber yang tidak akan ditemukan di perpustakaan sekolah. Saling berkomunikasi jarak jauh, entah itu antara siswa dengan siswa yang lain ataupun siswa dengan guru. Semua hal-hal tersebut kini sudah bisa mereka lakukan dengan cara mengakses internet.





Leave a Reply

Your email address will not be published.