Pengertian Dan Contoh Teks Report Bahasa Inggris


Contoh Text Report – Teks report merupakan sebuah teks yang memberikan informasi tentang sesuatu sebagai hasil dari penelitian. Teks report tidak jauh berbeda dengan teks descriptive dalam hal tujuannya (purpose) yakni untuk memberikan deskripsi tentang suatu objek.



Report text memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi tentang sesuatu. Biasanya yang dideskripsikan adalah gejala alam, lingkungan, benda buatan manusia, hewan, tanaman dan sosial di lingkungan kita.

Report text bisa ditemukan dalam bentuk textbook, ensiklopedia, majalah atau buku ilmiah, bacaan sejarah, buku bacaan yang  faktual, buku referensi, pelajaran kelas, program lingkungan, dokumentasi tv, majalah dan lainnya.

Baca juga: Contoh Text Descriptive Bahasa Inggris

Generic structure (sistematika penulisan) dari teks report :

  • Generic Classification : Klasifikasi tentang topic yang akan dibahas, yang berisi penjabaran mengenai topic yang akan dibahas bisa meliputi bentuk, bagian, perilaku, habitat, cara bertahan hidup dan cara berkembang biak.
  • Identification : Detail dari objek yang akan dilaporkan yaitu kualitas, karakter, habitat, perkembangbiakkan, deskripsi, dll.

Jenis teks yang akan menyampaikan hasil penyelidikan atau menyampaikan sesuatu. Informasi yang akan diberikan dalam teks report misalnya menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lainnya merupakan informasi yang sangat umum.

Apa perbedaan antara report text dan descriptive text? Kedua jenis teks ini hampir sama, yang membedakan hanyalah report text menjelaskan sesuatu general atau umum. Sementera itu, descriptive text menjelaskan sesuatu yang lebih spesifik atau khusus. Report text biasanya bersifat ilmiah.

Ciri-ciri Report Text

  1. Menggunakan pola kalimat Simple Present Tense
  2. Menggunakan kata benda umum atau general nouns
  3. Mengunakan kata kerja yang saling berkaitan atau relating verbs
  4. Report text terdiri dari sebuah objek ditambah objek tentang alam lainnya

Tujuan Report Text :

“Sosial function of report text is to present information about something generally to the reader.”

Secara umum, report text akan menggambakan hal-hal yang berhubungan dengan fenomena alam, buatan manusia dan sosial di lingkungan kita seperti misalnya, mamalia, planet-planet, batu, tanaman, negara-negara dan kota, budaya, transportasi, dan lain sebagainya. Report text juga bersifat ilmiah karena menyuguhkan fakta-fakta sebagai hasil penelitian atau observasi.

Generic Features Of Report Text :

  1. Report text umumnya menggunakan Present Tense, biasa digunakan dalam teks berita entah itu dalam kalimat aktif atau kalimat pasif, dan jarang sekali menggunakan Past Tense (jika benda tersebut punah).
  2. Biasa menggunakan “Kalimat Pasif”.
  3. Bahasanya harus obyektif : tanpa ekspresi pendapat, tanpa adanya hubungan atau referensi untuk pembaca (tidak menggunakan “aku”, “kami” atau “anda”).
  4. Menggunakan “tobe” : is, am, are, was, were untuk klasifikasi/ ciri.
  5. Menggunakan verb (kata kerja) “have” : Have, has, had, untuk memberikan gambaran secara detail atau rinci.
  6. Menggunakan action verb (kata kerja tindakan) ex : go, walk, eat yang berkaitan dengan topik, terutama saat mengambarkan perilaku.
  7. Menggunakan (adjectives) kata sifat terutama dalam menggambarkan kualitas.
  8. Menggunakan proses relasional yaitu is, consist of, function as, derive from, to be classified, to be identified as etc.
  9. Menggunakan istilah-istilah teknis yang khusus seperti bagian tubuh (seperti otak, pembuluh darah), bagian-bagian dari pohon (seperti batang, akar, daun, cabang), bagian dari mesin (seperti gigi, sekrup, baut, dll)
  10. Tidak ada urutan mengunakan. Jika ada (misalnya saja : pertama, kedua, ketiga, dll terakhir). Itu hanya menunjukkan penomoran saja dan bukan peristiwa.
  11. Biasanya disertai dengan foto, diagram, peta dan ilustrasi.

Contoh Report Text Tema Hewan Dan Artinya

Komodo Dragon

Do you know what is the largest lizard? This lizard is called komodo. It lives in the scrub and woodland of a few Indonesian islands.

Komodo dragon is the world’s heaviest lizard, weighing 150 pounds or more. The largest Komodo ever measured was more than 10 feet (3 meters) long and weighed 366 pounds (166 kg) but the average size of komodo in the wild is about 8 feet (2.5 meters) long and 200 pounds (91 kg)

Komodo has gray scaly skin, a pointed snout, powerful limbs and a muscular tail. They use their keen sense of smell to locate decaying animal remains from several miles away. They also hunt other lizards as well as large mammals and are sometimes cannibalistic.

The Komodo dragon’s teeth are almost completely covered by its gums. When it feeds, the gums bleed, creating an ideal culture for virulent bacteria. The bacteria that live in the Komodo dragon’s saliva causes septicemia, or blood poisoning, in its victims. A dragon will bite its prey, then follow it until the animal is too weak to carry on.